Home » » KPUD Tanbu Gelar Debat Pilkada 2015

KPUD Tanbu Gelar Debat Pilkada 2015

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 27 November 2015 | 12.33

BATULICIN - Dalam rangka mempertajam Visi dan Misi serta Program dari Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu 2015 – 2020, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kababupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar debat Pilkada terhadap masing-masing pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) dengan tema "Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat dan Meningkatkan Kemampuan Daya Saing Daerah", di Gedung Mahligai Bersujud, Selasa (24/11).

Acara debat yang dimulai pukul 15.00 wita tersebut berlangsung meriah dengan dihadiri para tamu undangan dan para simpatisan dari pasangan calon nomor urut satu, H Abdul Hakim dan Gusti Chafizi serta pasangan calon nomor urut dua, Mardani H Maming dan H Sudian Noor.

Pelaksanaan debat terbagi dalam empat sesi. Sesi pertama penyampaian visi dan misi dari pasangan calon, sesi kedua menjawab pertanyaan dari panelis terkait visi dan misi yang disampaikan, sesi ketiga tanya jawab antar pasangan calon, dan sesi yang ke empat pesan dan kesimpulan dari cabup dan cawabup kepada para calon pemilih.

Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh panelis antara lain sistem pengelolaan sektor pertambangan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, pelestarian kain tenun pagatan, pembangunan sektor pariwisata, kesehatan, pendidikan, pembangunan sektor perkebunan dan kehutanan, sinergitas pemerintah daerah dengan kabupaten lain serta peningkatan lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

Ketua KPU Kabupaten Tanah Bumbu, Drs H Samsani, M.Hum mengatakan, debat Cabup dan Cawabup ini adalah bertujuan untuk mempertajam dan menyebarluaskan visi dan misi dari pasangan cabup dan cawabup sehingga dapat diketahui oleh masyarakat.

"Debat ini bertujuan untuk lebih mempertegas visi dan misi kedepan. Supaya masyarakat Tanah Bumbu lebih makmur, sejahtera, dan berkeadilan," kata Samsani.

Ia menambahkan, pertemuan kedua pasangan cabup dan cawabup nomor urut 1 dan 2 adalah kali ini sudah yang ketiga kali. Pertemuan sebelumnya berlangsung pada saat kampanye damai yang dilaksanakan di Mapolres Tanbu, dan pertemuan yang kedua adalah pada saat pengambilan nomor urut.

Di berbagai pertemuan itu, katanya, kedua pasangan calon tampaknya saling memuji. Ini menandakan telah tercipta kesantunan antara kedua belah pihak untuk saling memahami arti dari pelaksanaan pemilu.

"Kondisinya cukup bagus. Di setiap kali pertemuan nomor urut 1 memuji nomor urut 2 dan begitu juga sebaliknya . Semoga pelaksaan pilkada ini nantinya menjadi barometer daerah lain di Kalsel," kata Samsani seraya menegaskan bahwa pasangan Cabup dan Cawabup yang ada di Tanbu adalah putra terbaik daerah.

Samsani mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa mensukseskan pelaksanaan Pilkada pada 09 Desember 2015 nanti agar berjalan dengan baik. Siapapun yang nanti menang dalam pelaksanaan Pilkada harus tetap dihormati sebagai pemimpin jalannya roda pemerintahan selama lima tahun kedepan.

Pada kesempatan lain Penjabat (Pj) Bupati Tanbu, Drs H Wahyuddin M.AP mengatakan, debat Pilkada merupakan kesempatan strategis bagi masing-masing pasangan Cabup dan Cawabup untuk semaksimal mungkin menyampaikan visi-misi program pembangunan daerahnya kepada masayarakat luas.

Kalaupun pada akhirnya nanti saat proses pemungutan suara ada yang menang dan yang kalah masing-masing pasangan calon harus bisa menerima dan menghormati sebagai bentuk konsekuensi dari jalannya sistem demokrasi.

"Jangan sampai yang menang terlalu "beampik" (bersorak atau berbangga diri). Begitu juga yang kalah, jangan sampai "menampik"(menolak) dengan membuat berbagai gugatan atau keributan," tegas Wahyuddin.

Bupati berharap, pasca debat Pilkada partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada akan lebih meningkat. Sehingga taerget jumlah suara yang ditetapkan pada masing-masing TPS sebesar 77,5 persen nantinya bisa tercapai.

"Untuk itu masyarakat jangan sampai ada yang "Golput"(tidak memilih). Pilihlah calon bupati dan calon wakil bupati sesuai hati nurani berdasarkan visi-misi program pembangunan daerah yang telah disampaikan,' katanya. (Didi/Rel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved