Home » , » Pemkab Tanbu - Bank BRI Luncurkan Kartu IUMK

Pemkab Tanbu - Bank BRI Luncurkan Kartu IUMK

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 04 November 2015 | 13.14

BATULICIN Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan Kartu Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Peluncuran Kartu IUMK secara simbolis diserahkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Tanbu Drs. H. Wahyudin, M.AP kepada dua orang perwakilan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada acara Rapat Koordinasi dan Launching Kartu IUMK serta Pelimpahan Wewenang Pemberian IUMK Kepada Kecamatan di Tanah Bumbu, Selasa (3/11) di Kantor Bupati Tanbu, Gunung Tinggi, Batulicin yang dihadiri oleh seluruh Camat se-Tanbu, Lurah, Perbankan, dan Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo).

Kepala Bagian Bisnis Pangan dan Kemitraan Bank BRI Kantor Wilayah Banjarmasin, Darmanto mengatakan Bank BRI diberikan kepercayaan penuh oleh Pemerintah untuk menerbitkan Kartu IUMK.

Dengan Kartu IUMK maka para pelaku usaha akan mendapatkan kemudahan dalam hal akses pembiayaan ke lembaga keuangan Bank.
Persoalan yang sering dihadapi oleh pelaku usaha yaitu terhambatnya akses pembiayaan dari Bank dikarenakan persyaratan perijinan dan lainnya serta tahapan-tahapan yang rumit dan prosesnya relative lama, ujar Darmanto.

Selain itu, ujar Darmanto, Kartu IUMK juga dapat digunakan sebagai ATM serta berfungsi untuk membantu pemerintah dalam hal membangun database UMKM.

Darmanto mengatakan pihaknya juga menyambut baik dengan pendelegasian wewenang pemberian UIMK kepada Kecamatan sehingga untuk memperoleh perijinan menjadi lebih mudah lagi atau cukup ke Kecamatan saja.

Ijin yang diberikan oleh Camat tersebut nantinya akan diverifikasi dan datanya akan terhubung secara otomatis ke Bank BRI. Kemudian Bank BRI selanjutnya akan menerbitkan Kartu UIMK tersebut, ujar Darmanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Tanbu, Andi Hasdar, SE, MM mengatakan untuk mempermudah pelaku usaha dalam hal memperoleh ijin usaha maka pemerintah daerah telah mendelegasikan kewenangan Ijin Usaha Mikro dan Kecil ke Kecamatan.

Menurutnya, dengan IUMK tersebut maka pelaku usaha mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha dilokasi yang telah ditetapkan dan mendapatkan pendampingan untuk pegembangan usaha.

Selain itu, pelaku usaha juga akan mendapatkan kemudahan dalam akses pembiayaan kelembaga keuangan bank dan non bank, serta mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan lembaga lainnya.
Untuk target IUMK di Tanbu, sebut Andi Hasdar, Pemerintah Daerah menargetkan sebanyak 1000 IUMK di tahun 2015.

Para pelaku usaha atau UMKM di Tanbu agar memiliki IUMK sehingga mendapat kepastian dan perlindungan dalam menjalankan usaha dan mendapatkan kemudahan untuk akses fasilitas permodalan dan perbankan, ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan operasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. H. Bambang Superiadi mengatakan Kartu IUMK merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam hal pengembangan usaha kecil.

Hal senada juga dikatakan Penjabat (Pj) Bupati Tanbu, Drs. H. Wahyudin, M.AP mengatakan hendaknya proses pemberian ijin usaha mikro dan kecil sebagaimana yang dihendaki oleh Presiden RI Joko Widodo paling lambat diterbitkan 1 (satu) hari kerja sejak pendaftaran diterima, lengkap, dan benar.

Pj. Bupati Tanbu mengarahkan agar Disperindagkop dan UKM Tanbu untuk terus dan gencar melakukan pembinaan dan pendampingan kepada pelaku usaha khususnya pada hal-hal tekhnis sehingga pelaku usaha dapat berhasil dan sukses menjalankan usahanya yang tentunya akan berdampak pada tingkat kesejahteraan para pelaku usaha itu sendiri. (Iwan/Rel)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

17 Agustus 2016 17.22

alhamdullilah,,,kotabaru dan batulicin terus berbenah dan berkembang....teriring doa untuk segenap unsur yg terlibat dalam pembangunan kota tsb sehat dan sukses selalu.

salam
Ahmad Yani
www.borneosolarcell.blogspot.com
>>>pusat listrik tenaga matahari terbesar di kalsel-teng<<<
mobile.0811-5121-599

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved