Home » » HUT KORPRI ke 44, Dari Pangkas Kerumitan Birokrasi Hingga Jaga Netralitas Pemilukada

HUT KORPRI ke 44, Dari Pangkas Kerumitan Birokrasi Hingga Jaga Netralitas Pemilukada

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 01 Desember 2015 | 17.15

BATULICIN Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (HUT KORPRI) ke 44 di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) diperingati dengan upacara bendera dengan peserta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah kab Tanbu. (Pemkab Tanbu), Senin (30/11) di Gunung Tinggi, Batulicin.

Peringatan HUT KORPRI ke 44 meski tidak dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Tanbu, namun pelaksanaannya berjalan dengan khidmat.

Pj. Bupati Tanbu masih menjalankan tugas kedinasan setelah menerima penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada 2015 di Bidang Kesehatan dari Menteri Kesehatan RI untuk Kabupaten Tanah Bumbu di Jakarta belum lama tadi.

Bertindak selaku pembina upacara bendera HUT KORPRI ke 44 yaitu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. M. Idjrai, M.Pd.

Dalam sambutannya, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. M. Idjrai, M.Pd saat membacakan amanat tertulis Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengamanatkan 5 (lima) pesan penting kepada anggota KORPRI.

Kelima amanat tersebut yaitu, pertama ; Anggota KORPRI untuk melakukan percepatan reformasi birokrasi disemua tingkatan. Percepatan reformasi dilakukan dengan berbagai upaya perbaikan harus terus dilakukan dari hulu sampai hilir, baik pada area perubahan mental aparatur, kelembagaan, ketatalaksanaan, SDM Aparatur, akuntabilitas, pengawasan, peraturan perundang-undangan, maupun area perubahan pelayanan public.

"Rakyat ingin segera melihat birokrasi yang bersih dan akuntabel, efektif dan efesien, birokrasi yang melayani bukannya dilayani, serta birokrasi yang memberikan pelayanan public yang berkualitas," ujarnya.

Kedua, Anggota KORPRI diminta untuk membangun mentalitas baru yang positif, yang berintegritas, yang memiliki etos kerja, dan yang berjiwa gotong royong. Ketiga, Anggota KORPRI hendaknya mempersiapkan diri menuju birokrasi yang dinamis, inovatif, dan responsive terhadap perkembangan zaman.

"Pangkas semua kerumitan birokrasi serta pastikan masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik dengan kualitas tinggi dan waktu yang cepat," pinta Presiden RI, seraya mengatakan mekanisme kerja birokrasi harus berubah kearah sistem pemerintahan elektronik atau E-Government sehingga lebih efesien.

Keempat, bertepatan dengan pelaksanaan pesta demokrasi, anggota KORPRI juga diminta untuk tetap menjaga netralitasnya pada pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) dengan tidak menggunakan fasilitas pemerintah untuk kepentingan kampanye pemilukada tersebut.

Dan Kelima, Presiden meminta agar semua aparatur birokrasi harus menjadi motor penggerak produktifitas nasional dan daya saing bangsa.

Sementara itu, secara terpisah, Pj. Bupati Tanbu, Drs. H. Wahyuddin, M.AP mengucapkan Selamat Memperingati HUT Ke 44 kepada Segenap Keluarga Besar KORPRI yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu secara khusus.

"Selamat HUT KORPRI kepada seluruh anggota KORPRI di Kabupaten Tanah Bumbu. Baik yang bertugas diwilayah perkotaan maupun yang menjalankan tugas diwilayah perdesaan dan perbatasan," ucap H. Wahyuddin.

Terkait pelaksanaan pemerintahan, dikatakan H. Wahyuddin, Pemerintah Kab. Tanbu terus berupaya memberikan pelayanan public yang terbaik dan prima kepada masyarakat Bumi Bersujud. Berbagai program pro rakyat pun telah diluncurkan seperti pelayanan kesehatan gratis, pendidikan gratis, serta pelayanan berbasis IT telah dilaksanakan di Tanbu.

Untuk pelayanan, pemkab tanbu juga telah melakukan terobosan-terobosan dengan memangkas kerumitan birokrasi dalam memberikan pelayanan masyarakat seperti pelimpahan wewenang pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) kepada Kecamatan, pelayanan informasi pengelolaan keuangan secara online, menerapkan sistem informasi pengelolaan aset daerah (SIPAD) berbasis IT, mempermudah pelayanan kependudukan dan catatan sipil dengan tidak dipungut biaya atau gratis, serta pelayan public lainnya yang terus diupayakan untuk dipermudah.

H. Wahyuddin mengatakan, sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah pusat terhadap pelayanan masyarakat, baru-baru tadi, Kabupaten Tanah Bumbu menerima penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada dari Kementerian Kesehatan RI karena dukungan dan keberpihakan pemerintah daerah di bidang kesehatan. (Didi/ rel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved