Home » » Pelayanan Penerbitan Administrasi Kependudukan Terus Dipermudah

Pelayanan Penerbitan Administrasi Kependudukan Terus Dipermudah

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 02 Desember 2015 | 08.37

BATULICIN Pelayanan Penerbitan Admistrasi Kependudukan yang dilakukan oleh Pemerintah untuk masyarakat terus dipermudah.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanah Bumbu (Disdukcapil Tanbu) H.M. Hanafiah melalui Kepala Bidang Kependudukan Murhansyah pada saat Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparat Kependudukan dan Catatan Sipil yang dilaksanakan di Gedung Sekretariat TP PKK Tanbu, Selasa (24/11) kemarin.

Menurut Murhansyah, dengan adanya perubahan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 menjadi Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan tentunya lebih mengefektifkan pelayanan administrasi kependudukan dan catatatan sipil untuk masyarakat.

Sebagai contoh dari perubahan Undang-undang tersebut, yaitu Penerbitan Akta Catatan Sipil yang semula dilaksanakan ditempat terjadinya peristiwa penting, diubah menjadi penerbitannya ditempat domisili penduduk saja atau berdasarkan KTP Elektronik (KTP - el).

Selain itu, pada perubahan Undang-undang juga menjelaskan bahwa masa berlaku KTP-el yang semula hanya lima tahun kini berlakunya menjadi seumur hidup.

Dikatakan Murhansyah pula, keberpihakan pemerintah kepada masyarakat dalam mempermudah pelayanan kependudukan dan catatan sipil yaitu dengan menggratiskan atau tidak dipungut biaya pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan.

bagi masyarakat yang ingin membuat dokumen kependudukan tidak dipungut biaya atau gratis terkecuali yang berhubungan dengan materai, ujar Murhansyah.

Dalam beberapa kesempatan, dihadapan masyarakat Penjabat (Pj) Bupati Tanbu, H. Wahyuddin, mengatakan pemerintah daerah dari tahun ketahun berupaya untuk mempermudah jenjang birokrasi pelayanan. Salah satunya yaitu penerbitan dokumen kependudukan.

Dengan dipermudahnya pelayanan kependudukan tentunya diharapkan kesadaran masyarakat untuk membuat dokumen kependudukan terus meningkat.

Setidaknya, dengan digratiskannya biaya penerbitan dokumen kependudukan ini dapat mendukung program pemerintah dalam hal tertib administrasi kependudukan, ujar Pj. Bupati Tanbu seraya mengatakan bahwa kepemilikan dokumen kependudukan sangat penting dalam segala urusan.

Selain data kependudukan yang lebih akurat, sebut Pj. Bupati Tanbu, dengan dipermudahnya pelayanan tersebut tentunya diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki KTP-el serta masyarakat yang memilki KTP ganda.

Adapun Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparat Kependudukan dan Catatan Sipil yang dilaksanakan oleh Disdukcapil Tanbu dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bupati Tanbu Bidang Hukum dan Politik, Hamaludin Taher.

Adapun peserta sosialisasi sebanyak 149 orang terdiri dari Kepala Desa dan Lurah dengan narasumber dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil.

Tujuan dari Sosialisasi tersebut yaitu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dari waktu ke waktu pemerintah selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang semakin baik dalam bidang kependudukan administrasi kependudukan yang merupakan identitas dan hak masyarakat sebagai warga negara. (Didi/Relhum)

Share this article :

+ komentar + 3 komentar

4 Desember 2015 13.51

Saya bikin KK hampir seharian nunggu gak selesai,. kejadiaanya tgl 19 november kemarin, saya dari sungai danau jam 7, smpai capil jam 9an langsung ngurus tapi masih nunggu antrian karena yang ngantri bnyak setengah jam nunggu akhirnya giliran saya menyerahkan berkas,. 1 jam nunggu gak dipanggil saya tanya katanya masih belum disuruh nunggu lg., kemudian kurang lebih 1 jam saya tanya lagi karena nama saya belum dipanggil2,. tp kata petugas belum selesai akhirnya saya tunggu sampai mau jam istirahat jam 12 saya kembali tanyakan, akhirnya di cek sama petugas disana katanya berkas saya ngak ada, padahal ibu yg disana ingat saya sudah masukin berkas, akhirnya saya nunggu dulu petugas istirahat selama 2 jam, jam 2 siang baru buka lg, karena petugasnya sudah berusaha mencari tidak ketemu saya diminta ngumpulin berkas lg dan disuruh menunggu lg. sampai 1 jam lebih saya menunggu lg dan saya tanyakan kembali, saya liat petugas berdiskusi kemudian menyamperin saya kemudian beliau berkata untuk datang lagi besok karna alasan mengurus KK dengan status istri saya pendatang prosesnya lama dan disruh mencatat nomor telpon yg bisa dihubungi dicapil dan bukti pembayaran administrasi yg seadanya. dengan sangat kecewa saya pulang dari pagi sampai sore ngurus KK gak selesai2. besoknya saya telpon no yg diberi tapi gak aktif sekali aktif gak di angkat sms gak dibalas jg,. sungguh sangat mengecewakan pelayannya,.

22 Februari 2016 12.40

Nsekarang saya kagi ngurus nie masukan anak ke kk sekalian akte..kk sudah saya masukan masih munggu ni..untuk sekali jalan kayaknya dak mungkin untuk bikin akte. Tapi masih sabar dulu ..sammpai tutup.
Dari sungai danau juga..mudahan cepet.

22 Februari 2016 13.03

Nsekarang saya kagi ngurus nie masukan anak ke kk sekalian akte..kk sudah saya masukan masih munggu ni..untuk sekali jalan kayaknya dak mungkin untuk bikin akte. Tapi masih sabar dulu ..sammpai tutup.
Dari sungai danau juga..mudahan cepet.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved