Home » » DIPA Tanbu 2016 Rp. 191.998.371.000.

DIPA Tanbu 2016 Rp. 191.998.371.000.

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 02 Januari 2016 | 16.45

Fokusbatulicin.com-, Belum lama tadi telah dilaksanakan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan Tahun Anggaran 2016 dan Penghargaan Satuan Kerja Berprestasi Tahun Anggaran 2015 yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, bertempat di Hotel Frenshif Batulicin.

Dalam kesempatan itu dihadiri oleh Penjabat Bupati Tanah Bumbu Drs. H. Wahyuddin, M.Ap, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Lingkup Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, dan Kuasa Pengguna Anggaran Lingkup Kabupaten Tanah Bumbu.

Penyerahan DIPA 2016 diserahkan oleh Kepala KPPN Kotabaru, Sudarmaji dan diterima oleh Penjabat Bupati Tanah Bumbu Drs. H. Wahyuddin, M.Ap. yang selanjutnya diserahkan oleh Penjabat Bupati Tanah Bumbu kepada Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja.

Sedangkan Penyerahan Penghargaan dari KPPN Kotabaru diserahkan oleh Penjabat Bupati Tanah Bumbu Drs. H. Wahyuddin, M.Ap kepada masing-masing Satuan Kerja yang berprestasi.

Ditengah acara berlangsung, Kepala KPPN Kotabaru Bapak Sudarmaji mengatakan, DIPA Kabupaten Tanah Bumbu, alokasi yang telah ditetapkan untuk Tahun Anggaran 2016 berjumlah sebesar Rp. 191.998.371.000.

Dengan Rincian diantaranya Satuan Kerja Vertikal Kementerian/Lembaga (Kewenangan KP dan KD) sebesar Rp. 174.626.696.000 dan SKPD dalam Rangka Tugas Pembantuan (TP) sebesar Rp. 17.371.675.000.

Penyerahan DIPA dilaksanakan lebih awal sebelum tahun 2016 dimulai. Hal tersebut untuk memastikan pelaksanaan anggaran dimulai tepat pada waktunya. Dengan telah diserahkannya DIPA, Satuan Kerja dapat segera menjalankan rencana-rencana yang sudah ditetapkan.

Dia menjelaskan lebih lanjut, bahwa DIPA Petikan Lingkup KPPN Kotabaru seluruhnya sebanyak 63 DIPA yang meliputi Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu dengan rincian DIPA Satuan Kerja Vertikal sebanyak 56 DIPA, terdiri atas Kabupaten Kotabaru 31 DIPA dan Kabupaten Tanah Bumbu 25 DIPA. Kemudian DIPA Tugas Pembantuan Sebanyak 7 DIPA terdiri atas Kabupaten Kotabaru 3 DIPA dan Kabupaten Tanah Bumbu 4 DIPA.

"Keinginan kuat kita bersama agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih tepat waktu, lebih merata dan memberikan dampak multipikasi yang lebih besar pada pembangunan perekonomian kita. Selanjutnya kami sampaikan pula pada kesempatan ini kami akan memberikan penghargaan kepada satuan kerja -satuan kerja yang berprestasi ditahun anggaran 2015 dalam hal Penyerapan Dana APBN,  Melakukan Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan, Membuat Laporan Pertanggung jawaban Bendahara, dan Pengelolaan Rekening" paparnya.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi kami kepada satuan kerja yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan tepat waktu serta untuk meningkatkan motivasi satuan kerja dalam melakanakan tugasnya.

Adapun satker penerima penghargaan untuk Kategori Penyerapan Anggaran Tertinggi yaitu Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batulicin (terbaik pertama), Pengadilan Agama Batulicin (terbaik kedua) dan MTsN 1 Kusan Hilir (terbaik ketiga).

Penghargaan Penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban Bendahara T.A 2015 yaitu Unit Penyelenggara Pelabuhan Sungai Danau / Satui (terbaik pertama), Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tanbu (terbaik kedua), dan Madrasyah Ibtidayah Negeri Satiung Kab. Tanbu (terbaik ketiga).

Penghargaan Pelaksanaan Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan T.A 2015 yaitu Kantor Kementerian Agama Tanbu (terbaik pertama), Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanbu (terbaik kedua), dan Madrasah Ibtidayah Negeri Satiung Tanbu (terbaik ketiga).

Penghargaan Pengelolaan Rekening Satker T.A 2015 yaitu Pengadilan Negeri Batulicin (terbaik pertama), Pengadilan Agama Batulicin (terbaik kedua), dan Kejaksaan Negeri Batulicin (terbaik ketiga).

Penjabat Bupati Tanah Bumbu Drs. H. Wahyuddin, M.Ap usai menyerahkan penghargaan menuturkan dalam sambutannya sejalan dengan pelaksanaan beberapa tahun sebelumnya, penyerahan DIPA Tahun 2016 diakhir bulan Desember 2015 ini, merupakan keinginan kita bersama agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih tepat waktu, lebih merata dan memberikan dampak multiplikasi yang lebih besar kepada kegiatan perekonomian didaerah.

Dengan penyerahan DIPA tahun Anggaran 2016 pada akhir tahun 2015, maka sejak hari kerja pertama tahun anggaran 2016 pelaksanaan anggaran bagi seluruh program dan kegiatan bisa dilakukan lebih dini.

Oleh Karena itu selaras dengan kebijakan pemerintah pusat kami juga meminta para Pimpinan Satuan Kerja serius dalam mencapai program-program yang sudah diarahkan. Hal ini penting, mengingat pengelolaan keuangan negera harus dilakukan dengan professional, transparan, dan akuntabel, sehingga dapat menghindari, korupsi, kolusi, dan nepotisme, seperti tekad kita semua sejak awal reformasi.

"Marilah kita gunakan anggaran ini dengan sebaik-baiknya. Saya mengajak para Pengguna Anggaran, Kuasa Pengguna, dan Siapa pun yang berhungan dengan pengelolaan keuangan negara agar dapat menjaga amanah mengelola keuangan negara.
Jajaran Pemerintah harus dapat bekerja cepat, responsive dan dapat dipertanggungjawabkan terhadap segala permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara kita", tutup Wahyudin. (Ley/Rell)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved