Home » » MK Resmi Tolak Gugatan Abdul Hakim - Gusti Chafizi

MK Resmi Tolak Gugatan Abdul Hakim - Gusti Chafizi

Written By Fokus Batulicin on Senin, 25 Januari 2016 | 16.30

FokusBatulicin.com - Tertanggal 25 Jan 2016 pukul 13:57 WIB Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia telah mengeluarkan Keputusan Nomor:5/PHP.BUP-XIV/2016 dengan Pokok Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015.

Dengan Pemohon atas nama Abdul Hakim G dan Gusti Chapizi. A. MA yang merupakan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2015, Nomor Urut 1. Melalui Kuasa Pemohon Junaidi, S.H., M.H., C.L.A.,dkk, dengan Amar Putusan Tidak Dapat Diterima.

Atau dengan kata lain, dalam sidang tersebut MK menyimpulkan bahwa MK tidak berwenang mangadili permohonan pemohon, kemudian Permohonan Pemohon dianggap salah Objek atau error en objectum. Dan ke tiga, Kedudukan hukum atau legal standing pemohon, tenggang waktu pengajuan permohonan, pokok permohonan serta eksepsi Termohon dan eksepsi Pihak Terkait tidak dipertimbangkan

"Berdasarkan UU No. 1 Tahun 2015 Ttg penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No. 1 Tahun 2014 dst, dianggap telah dibacakan Amar putusan
Mengadili menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima" ujar Ketua KPU Kabupaten Tanah Bumbu Drs. Samsani kepada FokusBatulicin.com ketika dikonfirmasi terkait hasil final MK dan apa langkah selanjutnya KPU Tanah Bumbu menyikapi keputusan tersebut.

Menurut Samsani, saat ini pihaknya hanya bisa mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menghormati putusan tertinggi tersebut agar KPU bisa melanjutkan tahapan tahapan selanjutnya. Dimana jika tidak ada aral, dalam waktu dekat pihaknya akan mengeluarkan penetapan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Terpilih.

"Benar, langkah selanjutnya adalah KPU akan segera menetapkan Pasangan Mardani H Maming dan Sudiannor adalah Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati terpilih. Hal ini tentunya akan melalui proses tahapan dan mekanisme yang telah diatur di lembaga KPU sendiri" jelas samsani. (L3Y)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved