Home » » Ratusan Rumpon Siap Ditebar

Ratusan Rumpon Siap Ditebar

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 06 Januari 2016 | 18.28

Fokusbatulicin.com - Masyarakat pesisir Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu  Kalimantan Selatan menebar sekitar 80 unit Rumpon (fish aggregating devices/ FADs) di Perairan Tanah Bumbu, Senin (4/1/2016).

Hal tersebut diinisiasi oleh Tokoh Masyarakat Pagatan-Tanah Bumbu, Burhansyah. Menurutnya, Rumpon yang berfungsi sebagai tempat berkembangbiaknya ikan tersebut merupakan bantuan sukarela Bupati terpilih Mardani H Maming untuk nelayan.

"Tahap pertama 80 buah Rompong di pasang disekitar Laut Selat Tanah Bumbu. Bantuan pribadi Pak Mardani H Maming terhadap masyarakat Nelayan Tanah Bumbu," kata Burhansyah, Senin (4/1/2016)

Lebih lanjut, mantan legislator DPRD Tanah Bumbu tersebut mengatakan bahwa, dalam waktu dekat pihaknya akan menambah rumpon lagi dan ditargetkan sekitar 2.000 unit rumpon akan disebar di perairan Tanah Bumbu .

"Insya Allah masih banyak yang akan diturunkan, bulan Februari nanti ada 100 buah lagi. Insya Allah 2017 mudahan akan dibiayai melalui APBD direncanakan sampai 2000 buah," tambahnya.

Sekedar diketahui, Rumpon adalahmerupakan salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang dilaut, baik laut dangkal maupun laut dalam. Pemasangan tersebut dimaksudkan untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul disekitar rumpon, sehingga ikan mudah untuk ditangkap.

Rumpon dalam bahasa kelautan adalah karang buatan yang dibuat oleh manusia dengan tujuan sebagai tempat berkumpul ikan. Rumpon merupakan rumah buatan bagi ikan di dasar laut yang dibuat secara sengaja dengan menaruh berbagai jenis barang di dasar laut seperti ban, dahan dan ranting dengan pohonnya sekaligus.

Barang–barang tersebut dimasukkan dengan diberikan pemberat berupa beton, batu–batuan dan penberat lainnya sehingga posisi dari rumpon tidak bergerak karena arus laut. Barang–barang yang dimasukkan kedalam laut dapat terus ditambah secara berlanjut untuk menambah massa rumpon.

"Pembuatan rumpon ikan sebenarnya adalah salah satu cara untuk mengumpulkan ikan, dengan membentuk kondisi dasar laut menjadi mirip dengan kondisi karang–karang alami, rumpon membuat ikan merasa seperti mendapatkan rumah baru. Meski untuk mengetahui keberhasilanya dibutuhkan waktu yang tidak sedikit sekitar 3- 6 bulan bahkan bisa lebih, namun usaha pembuatan rumpon ini merupakan solusi terbaik meningkatkan hasil perikanan di laut" jelas Burhan.

Salah seorang nelayan yang juga warga Batulicin, Wa Semmeng (45) menyambut baik dan sekaligus berterimakasih kepada Mardani H Maming yang telah sangat peduli dengan kehidupan para nelayan melalui pembuatan rumpon ini. Mengingat belakangan ini mata pencaharian sebagai nelayan semakin ditinggalkan oleh generasi muda bahkan anak nelayan sendiri, dan lebih memilih mencari pekerjaan di kota. Hal ini dikarenakan semakin hari tangkapan ikan di wilayah perairan batulicin semakin sedikit.

"Belum lagi lokasi pemancingan ikan di wilayah ini semakin sulit. Tak sedikit nelayan yang memburu ikan ke tengah laut jawa. Sementara untuk wilayah pemancingan terdekat biasanya menjorok arah pulau laut kotabaru dan sekitarnya" beber nelayan yang mengaku sudah puluhan tahun melakoni pekerjaannya itu.

Ia berharap, kedepan bukan saja Mardani H Maming yang peduli dengan potensi kelautan di Tanah Bumbu. Dibutuhkan sosok Mardani Mardani lainnya yang juga turut melakukan hal yang sama. Terus membangun rumpon rumpon lainnya agar para nelayan bisa lebih mudah mencari ikan. (Ley)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

17 Agustus 2016 17.24

alhamdullilah,,,kotabaru dan batulicin terus berbenah dan berkembang....teriring doa untuk segenap unsur yg terlibat dalam pembangunan kota tsb sehat dan sukses selalu.

salam
Ahmad Yani
www.borneosolarcell.blogspot.com
>>>pusat listrik tenaga matahari terbesar di kalsel-teng<<<
mobile.0811-5121-599

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved