Home » » 200 Dewan Hakim MTQ Ikuti Pelatihan

200 Dewan Hakim MTQ Ikuti Pelatihan

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 17 Februari 2016 | 07.30

BATULICIN Sebanyak 200 Dewan Hakim atau Dewan Juri Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) se- Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Tilawatil Quran.

Diklat yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tanbu tersebut dibuka oleh Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu Drs. H.M. Idjrai, M.Pd, Selasa (16/2) di Gedung TP PKK Tanbu Kecamatan Simpang Empat.

Ketua 1 LPTQ Tanbu, Drs. H. Muhammad Thaha, M.Pd mengatakan peranan dewan hakim pada setiap pelaksanaan MTQ sangat penting dan strategis. Prestasi dan kejuaraan akan diperoleh apabila dewan hakim menjalankan peran dan fungsinya secara professional.

Orang yang professional tersebut yaitu orang yang dengan ciri-ciri : ahli, pintar, amanah, mampu, cerdas, bertanggung jawab, jujur, disiplin pada bidangnya dan lainnya.

Dengan dewan hakim yang professional tersebut, dikatakan H.M. Thaha, maka akan berdampak pula pada kualitas Qori dan Qoriah.

"Dewan Hakim MTQ yang professional akan melahirkan para qori dan qoriah yang berprestasi dan juara. Selain itu juga dapat meningkatkan mutu atau qualitas qori dan qoriah," kata H.M. Thaha yang juga menjabat Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Tanah Bumbu.

Dalam hal pelaksanaan lomba MTQ nantinya diharapkan Dewan Juri dapat berlaku professional dalam menjalankan tugasnya sehingga qori dan qoriah yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan mampu bersaing dengan daerah lain.

Hal senada juga dikatakan Plh. Sekda Tanbu, Drs. H.M. IdjraI, menurutnya pendidikan dan pelatihan bagi dewan hakim ini tentunya diharapkan selain meningkatkan wawasan dan pengetahuan dari dewan hakim juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas mutu dari qori dan qoriah nantinya.

"Pemerintah daerah sangat menyambut baik dengan dilaksanakannya pelatihan ini. Apalagi materi-materi yang disampaikan oleh narasumber sangat bagus salah satunya yaitu Peran Dewan Hakim Dalam Meningkatkan Mutu Qori dan Qoriah," sebut Idjrai.

Disisi lain, H.M. IdjraI juga mengatakan tidak meraih prestasi pada pelaksanaan MTQ tidak perlu kita takutkan. Namun yang perlu kita takutkan jika lemahnya pembinaan terhadap ummat.

"Kita yakin dengan pembinaan-pembinaan secara terus menerus, kedepannya prestasi juga akan diraih," Kata H.M. Idjrai. (DD/Rel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved