Home » » Jadwal Pelantikan Kepala Daerah

Jadwal Pelantikan Kepala Daerah

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 11 Februari 2016 | 06.41

fokusbatulicin.com- Sebanyak 269 kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2015 akan dilantik pada tahun ini. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membagi dalam tiga jadwal pelantikan.

Jadwal pertama, sebanyak 7 Gubrrnur dan 202 kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dilantik pada bulan ini. Rinciannya, 7 gubernur dan wakil gubernur terpilih dilantik pada 15 Februari dan 202 bupati/walikota terpilih dilantik 17 Februari.

Pelantikan terhadap 209 kepala daerah dan wakil kepala daerah itu karena tidak lagi bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) dan masa jabatan kepala daerahnya sudah habis.
Sementara pelantikan tahap kedua digelar pada bulan Maret.

Jadwal ini dikhususkan bagi pilkada yang memiliki sengketa di MK. Data yang diperoleh di MK, ada delapan kasus pilkada yang sedang bergulir. Antara lain, Kabupaten Solok Selatan, Kuantan Singingi, Muna, Kepulauan Sula, Bangka Barat, Teluk Bintuni, dan Mamberamo Raya.

Pelantikan terakhir dijadwalkan pada bulan Juni. Nah, jadwal ini dikhususkan bagi daerah yang memang masa jabatannya berakhir pada April, Mei, dan Juni 2016.

"Kalau kepala daerah yang memang masa jabatannya belum habis, maka kepala daerah terpilih harus menunggu Juni mendatang," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Kamis (10/2).

Menurut dia, dalam UU menyebutkan, tidak boleh mengurangi masa jabatan kepala daerah satu hari pun. Makanya, Kemendagri memutuskan untuk menunggu kepala daerah sebelumnya habis masa jabatan terlebih dahulu, baru mereka yang terpilih Pilkada, dilantik.
Kemudian, bagi mereka yang diduga terjerat kasus hukum dan digugat, Kemendagri akan tetap melantiknya sampai ada putusan hukum tetap dari pengadilan. Menurut dia, harus menghormati asas praduga tak bersalah. Namun, proses gugatannya boleh terus berjalan.

"Kalau nanti ada putusan hukum dari pengadilan dan dinyatakan bersalah, maka bisa dicopot kepala daerah tersebut," demikian Tjahjo. (Informasi ini dikutip dari Rakyatku.com)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved