Home » » Ka BLHD " Aliran Sungai Kusan Tercemar Limbah PT. KAM" Positif

Ka BLHD " Aliran Sungai Kusan Tercemar Limbah PT. KAM" Positif

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 04 Februari 2016 | 13.30

Aliran Sungai kusan telah tercemar Air  limbah dari Prusahaan PT.Kodeco Argo Jaya Mandiri (KAM) yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit. Hal itu di bnarkan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Ir. Rudi Erno Handoko setelah melakukan penelitian dan uji kelayakan air di sungai kusan belum lama tadi.

"sudah positif,  Hal itu berdasarkan hasil penelitian dan uji Lab sample yang kami ambil dari sungai tersebut.  Akibat kegiatan penanaman baru dilahan basah oleh PT KAM yang mengakibatkan rembesan ke sungai kusan tersebut membuat air sungai tercemar. Himbauan saya khususnya kepada masyarakat kusan untuk sementara ini agar tidak mengkusumsi Air yang tercemar tersebut, Kalau untuk mandi dan mencuci tidak terlalu masalah, " Ungkap Rudi Erno Handoko.

Lebih lanjut Erno menjelaskan terkait adanya pencemaran tersebut, pihaknya akan segera memanggil pihak perusahaan untuk melakukan pembinaan serta memberikan sanksi tegas kepada pihak perusahaan apabila tidak mau melakukan perbaikan terhadap bak bak pengolahan limbah mereka. Serta pihak perusahaan diminta mentaati segala peraturan yang ada terkait pengelolaan limbah perusahaan. 
"Kita sudah melayangkan surat panggilan kepada PT. KAM" Terangnya saat dimintai keterangan lewat Ponselnya, Rabu (4/2).

Sedangkan pihak PDAM sendiri terkait adanya pencemaran limbah ini, mengaku  hingga kini belum bisa memberikan Keterangan yang resmi untuk kembali meyaluran suplai air bersih kepada warga kusan Hulu dan Kusan Hilir dikarenakan pihak PDAM sendiri masih menunggu hasil uji lab Dari Pihak BLHD Tanbu.
"Kita belum bisa memberikan penjelasan lebih rinci. Kita juga masih menunggu hasil lab. Kalau sudah ada kepastian. Dan penanganan telah dilakukan oleh perusahaan, maka kami akan segera memberikan keterangan kapan kita akan suplai" Ujar Iskandar Zulkarnain, salah seorang Staff di PDAM.

Sayangnya hingga berita ini diturunkan, namun hingga kini petinggi PT KAM masih belum bisa  memberikan penjelasan terhadap adanya dugaan pencemaran tersebut. Hal ini dikarenakan, ketika wartawan coba menyambangi kantor PT KAM tidak ada yang bisa memberikan keterangan. Staff  Humas PT. KAM Zulkifli menjelaskan kalau pimpinan mereka sedang tidak ada ditempat.  (01-RD)
PT KAM Bantah Dituding Lakukan Pencemaran Lingkungan
(Berita ini masih akan dilanjutkan penulisannya pada edisi berikutnya.red)
---------- Pesan terusan ----------
Dari: <firmansyahrandi355@yahoo.co.id>
Tanggal: 4 Feb 2016 1:07 PM
Subjek: air Sungai.jpg
Kepada: "fadly ADF" <fadlybatulicin@gmail.com>
Cc:


Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved