Home » » Kendalikan Kebakaran Hutan, Simulasi Digelar

Kendalikan Kebakaran Hutan, Simulasi Digelar

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 25 Februari 2016 | 09.04

BATULICIN Simulasi terpadu penanganan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di gelar di Batulicin, Selasa (23/2) kemarin.

Simulasi yang di inisiasi oleh Kepolisian Resort Tanah Bumbu (Polres Tanbu) dan PT Kodeco Agrojaya Mandiri (PT KAM) tersebut dalam rangka meningkatkan pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta langkah-langkah premtif guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di tahun 2016.

Dalam simulasi tersebut puluhan anggota tim terpadu yang terdiri dari instansi pemerintah dan perusahaan swasta memperagakan aksinya melakukan pemadaman titik api.

Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu Bidang Politik dan Hukum, Hamaluddin Taher, yang juga menyaksikan simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan simulasi tersebut.

"Atas nama pemerintah daerah kami sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan latihan bersama melalui simulasi yang bertujuan untuk memantapkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan kita terhadap bencana alam yang dapat terjadi di daerah kita, khususnya kebakaran hutan dan lahan," ucap Hamaluddin.

Menurutnya, kegiatan simulasi perlu di laksanakan mengingat letak geografis dan kondisi Indonesia secara umum merupakan daerah dengan tingkat kerawanan bencana alam yang sangat tinggi, termasuk pula di Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk itu,wawasan dan keahlian anggota tim karhutla perlu ditingkatkan. Selain itu pula, sarana dan prasarana juga harus dimiliki. Sehingga kebakaran hutan dan lahan dapat diantisipasi secara dini, cepat, tepat, dan akurat. (DD/Rel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved