Home » » Usaha Budidaya Tiram, Terus Digalakkan di Tanbu

Usaha Budidaya Tiram, Terus Digalakkan di Tanbu

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 03 Februari 2016 | 09.28

Fokusbatulicin.com. Budidaya jamur tiram sangatlah potensial untuk digeluti karena sangat mudah untuk dipasarkan dan cara pembudidayaannya pun sangat mudah. Selama ini, jamur tiram yang dibudidayakan di Kabupaten Tanah Bumbu dipasok ke pasar-pasar tradisional dan juga keluar daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Budidaya jamur tiram saat ini dikembangkan di Kecamatan Sungai Loban dan Kecamatan Kusan Hilir. Namun yang telah menghasilkan yaitu di Kecamatan Sungai Loban, sedangkan untuk Kecamatan Kusan Hilir masih perlu lagi untuk ditingkatkan. Mengingat kondisi sumberdaya manusia yang tersedia masih belum memadai. Hal itu mendorong dinas terkait untuk melakukan pembinaan melalui sejumlah kegiatan pelatihan.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) melalui Bidang Koperasi dan UKM melakanakan pelatihan kewirausahaan cara membudidayakan jamur tiram, Kamis (28/1) lalu di Desa Damar Indah Kecamatan Sungai Loban.

Kepala Disperindagkop dan UKM Tanbu Andi Hasdar melalui Kepala Bidang Koperasi dan UKM Tanbu Fahrurraji mengatakan peserta pelatihan budidaya jamur tiram sebanyak 25 orang yang merupakan warga Desa Damar Indah yang masih pemula dan ingin menggeluti usaha budidaya jamur tiram.

"Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. bukan hanya materi saja yang diberikan tetapi mereka juga langsung praktek cara membuat bibit jamur tiram. Mereka semakin semangat ingin menggeluti usaha jamur tiram, karena narasumber yang memberikan materi merupakan warga yang telah berhasil dan sukses menggeluti usaha jamur tiram tersebut,"ujar Fahrurraji.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut, pihaknya berharap usaha jamur tiram dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan.

"kami berharap usaha ini dapat terus berkembang dan mampu mensejahterakan masyarakat. Budidaya jamur tiram sangatlah potensial untuk digeluti karena sangat mudah untuk dipasarkan dan cara pembudidayaannya pun sangat mudah. Selama ini, jamur tiram yang dibudidayakan di Kabupaten Tanah Bumbu dipasok ke pasar-pasar tradisional dan juga keluar daerah Kabupaten Tanah Bumbu" ucapnya.

Budidaya jamur tiram dikembangkan di Kecamatan Sungai Loban dan Kecamatan Kusan Hilir. Namun yang telah menghasilkan yaitu di Kecamatan Sungai Loban, sedangkan untuk Kecamatan Kusan Hilir masih perlu lagi untuk ditingkatkan.

Cara pembudidayaan jamur tiram tergolong mudah. Karena bahan bakunya mudah untuk didapat seperti serbuk gergaji, katul, CaCO3, dan Air.

Selain melaksanakan pelatihan budidaya jamur tiram, pada kesempatan itu juga dilaksanakan pula pelatihan kreasi membuat roti modern bekerjasama dengan bogasari. (DD/Rel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved