Home » » Daerah Persawahan Bantaran Sungai Kusan, Mulai Terendam

Daerah Persawahan Bantaran Sungai Kusan, Mulai Terendam

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 05 Maret 2016 | 14.35

BATULICIN - Akibat turunnya hujan yang cukup deras terjadi beberapa hari belakangan hingga berlangsung pada Jumat (4/3) malam kemarin menimbulkan genangan air yang relatif tinggi di sejumlah kecamatan, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Bahkan kawasan pertanian yang berada di sepanjang bibir bantaran sungai Kusan, dari Kecamatan Kusan Hilir hingga menuju Kecamatan Kusan Hulu mulai terendam.

Genangan Air, selain meratakan lahan lahan pertanian, jalan dan fasilitas pwndidikan air yang terus meninggi juga sempat merambah sebagian rumah warga hingga membuat mereka terpaksa harus mengamankan barang perabot rumah tanggannya agar terhindar dari genangan air.

Wakil Bupati Tanbu, H Sudian Noor bersama instansi terkait terjun langsung untuk meninjau lokasi sejumlah pemukiman warga yang terkena imbas genangan air tersebut. Sebut saja ketika berada di desa Serdangan, dan desa desa lainnya di bantaran Sungai Kusan pagi Sabtu (5/3) tadi, selain melihat kawasan pertanian juga melihat langsung kondisi rumah rumah warga yg mulai terendam.

Untuk Lahan pertanian Desa Serdangan diketahui sedikitnta terendam 135 ha. Dengan kurang lebih 27 ha terindikasi gagal panen akibat busuk akar dan fuso lantaran air telah menutup tinggi batang padi. Mengingat ketinggian air di lahan lahan pertanian sudah mencapai 1 meter s/d 1,5 meter.

"inprastruktur jalan poros desa antar kecamatan lumpuh total, air berkisar 1.5mtr s/d 2mtr, untuk kawasan pemukiman sendiri baru mencapai 20 cm s/d 30 cm. Bisa dipastikan,  maka apabila air mencapai 40cm, lebih dari  80% persen rumah rumah penduduk akan terendam. Saat ini kami pemerintah desa serdangan terus siaga" ujar Kades Sardangan Andi Tanra menyampaikan laporannya dihadapan Wakil Bupati.

Sementara di Desa Salimuran, Kecamatan Kusan Hilir, misalnya, ditemukan sebuah ruas jalan yang kondisinya memprihatinkan akibat terkikis luapan air. Wakil Bupati H Sudiannor meminta pihak pemerintahan desa segera berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk mencegah terjadinya kerusakan sarana dan prasarana atau fasilitas umum warga akibat luapan air tersebut.

Sudian Noor pun meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tanbu untuk segera mengirim material batu guna membuat tanggul sekaligus meninggikan badan jalam tersebut.

"Jalan ini memang segera perlu ditinggikan serta dibuatkan tanggul. Supaya tidak lagi terkikis luapan air," katanya pada saat meninjau ke lokasi Desa Salimuran Kecamatan Kusan Hilir.

Selain meninjau lokasi genangan air di Kecamatan Kusan Hilir, Wabup kemudian bergerak menuju ke Kecamatan Kusan Hulu. (DD/L3y)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved