Home » » Realisasi Panen Kedelai Di Kusan Hulu Penuhi Target

Realisasi Panen Kedelai Di Kusan Hulu Penuhi Target

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 10 Maret 2016 | 11.50

- Panen berhasil mencapai 100 %

BATULICIN Realisasi panen kedelai para petani di wilayah Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) masih tetap memenuhi target meskipun beberapa hari terkahir di daerah tersebut sebagian masih tergenang banjir.

" Kamis (3/3) kemarin kita melaksanakan panen perdana kedelai di Kecamatan Kusan Hulu dan hasilnya sangat menggembirakan karena dari luas area pertanaman sebanyak 22 hektar luas panennya juga 22 hektar. Atau panen kedelai mencapai 327 kwintal, " ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) Tanbu, Abdul Karim, di Gunung Tinggi, Batulicin.

Menurut Abdul Karim, keberhasilan panen kedelai di Kecamatan Kusan Hulu saat ini adalah berkat kerjasama yang baik antara petugas dilapangan yakni mantri tani, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dan petani dalam rangka meminimalisir serangan Organisme Penggangu Tanaman (OPT) dan Dampak Perubahan Iklim (DPI).

Kegiatan ini, sebut Abdul Karim, merupakan program dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka mengembangkan tanaman kedelai di sejumlah desa yaitu Desa Teluk Kepayang, Desa Karang Sari dan Karang Mulya Kecamatan Kusan Hulu.

Dengan tercapainya target hasil panen tersebut saat ini petani kedelai di Kecamatan Kusan Hulu siap untuk melaksanakan program penanaman kedua dengan luas areal mencapai 50 ha.

Program tanam kedua ini sekaligus sebagai tindak lanjut dari program pemerintah pusat sebagaimana arahan Presiden, Joko Widodo dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional melalui Upaya Khusus (UPSUS) peningkatan hasil Tanaman Padi, Jagung dan Kedelai (PAJALE).

Khususnya untuk komoditas kedelai yang ditargetkan tahun 2017 sudah harus mencapai swasembada.

Merespon program Presiden RI Joko Widodo dalam UPSUS PAJALE tersebut maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pun bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan program pengembangan tanaman kedelai di tiga wilayah di Kecamatan Kusan Hulu.

Sementara itu, untuk Kegiatan Panen Raya Kedelai di Kecamatan Kusan Hulu dilaksanakan secara meriah dan dihadiri oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming yang diwakili Staf Ahli Ir. Bakhriansyah, MM dan Camat Kusan Hulu, Suryadi serta seluruh anggota Kelompok Tani (Poktan) Lestasi selaku Poktan penerima program kegiatan tersebut.

Bupati Tanbu Mardani H Maming melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ir. Bakhriansyah, MM menyambut baik dengan panen raya kedelai di Kecamatan Kusan Hulu.

Apalagi saat panen, hasilnya diketahui sangat memuaskan capaian realisasi panen 100 persen.
Bakhriansyah berharap, keberhasilan pencapaian panen kedelai di Kecamatan Kusan Hulu hendaknya juga diikuti oleh Kecamatan lain. Sehingga target yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan nantinya tercapai. (relhum).

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved