Home » » Tanbu Rencanakan Bangun Bendungan Pencegah Banjir

Tanbu Rencanakan Bangun Bendungan Pencegah Banjir

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 10 Maret 2016 | 15.46

- Anggarkan Rp. 5 Milyar Untuk Study Kelayakan

BATULICIN Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) kini mulai merumuskan rencana pembangunan bendungan di bantaran Sungai Kusan, tepatnya di wilayah Kecamatan Kusan Hulu guna mencegah terjadinya banjir yang berlangsung hampir setiap tahun di kawasan daerah tersebut.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Kusan Hulu, Rabu (9/3), mengatakan, banjir yang kerap terjadi secara tidak langsung pasti berdampak negative terhadap kondisi ekonomi masyarakat sekitar.

"Oleh sebab itu, persoalan banjir harus ditangani serius dengan cara membuat bendungan supaya kedepannya tidak terulang lagi," katanya.

Mardani H Maming yang saat itu dampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Roy Rizali Anwar, juga menambahkan, perintah daerah saat ini sudah mulai menganggarkan dana sebesar Rp. 5 milyar untuk study kelayakan rencana pembangunan bendungan tersebut.

Selain untuk mencegah banjir, bendungan yang rencana dibangun juga akan dimanfaatkan untuk sarana irigasi, pembangkit tenaga listrik, dan pengolahan air baku oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

"Namun tujuan utamanya adalah untuk mencegah banjir. Kalaupun layak digunakan untuk kebutuhan yang lain, maka akan disesuaikan dengan anggaran yang ada" jelas bupati.

Jika study kelayakan tahun ini selesai dilaksanakan, tahun depan dipastikan baru bisa dilaksanakan "Detail Engineering Desingn" (DED) alias detail perencanaan proses pembangunan bendungan.

Setelah itu dilakukan study amdal yang sekaligus melakukan upaya pembebasan lahan masyarakat di sekitar kawasan bantaran sungai yang sekiranya mereka dianggap perlu untuk direlokasi.

Rencana pembangunan bendungan diharapkan juga ada keterlibatan atau campur tangan pemerintah pusat dan provinsi.

Realisasi bendungan ini kedepannya dipastikan memberi dampak yang positif terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar baik di sektor pertanian, pemenuhan kebutuhan listrik, dan ketersediaan air bersih. (relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved