Home » » Distanpanak Tanbu Gencar Sosialisasi dan Deteksi Dini Flu Burung

Distanpanak Tanbu Gencar Sosialisasi dan Deteksi Dini Flu Burung

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 13 April 2016 | 17.16

BATULICIN  Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) Kabupaten Tanah Bumbu tengah gencar mensosialisasikan cara mengantisipasi menyebarnya flu burung kepada peternak dan pedagang unggas setempat.

Selain sosialisasi, Distanpanak Tanbu juga langsung melakukan deteksi dini flu burung terhadap hewan  ternak. Kepala Distanpanak Tanbu, Abdul Karim, Rabu (13/4/2016) di Batulicin mengatakan Sosialisasi dan deteksi dini tersebut bertujuan untuk mengantisipasi  agar virus flu burung tidak memasuki wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

"Kami menghimbau peternak supaya melakukan biosecurity dan menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, langkah antisipasi yang dilakukan untuk mencegah menyebarnya virus flu burung pada unggus juga dilakukan pemberian cairan disinfektan gratis kepada peternak,  "
ujar Abdul Karim.

Peternak juga dihimbau, jika ada gejala unggas yang terserang flu burung diharapkan peternak segera melapor kepada petugas medis dan para medis veteriner terdekat dan mau melakukan upaya penanggulangan dini dan apabila ada unggas yang mati  langsung dibakar sehingga penyebaran virus ke unggas yang sehat dapat dicegah.

Langkah lainya untuk mengantisipasi masuknya penyebaran virus flu burung ke Tanah Bumbu yaitu dengan memaksimalkan petugas cek point di Kecamatan Satui, Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Mantewe untuk mengawasi lalu lintas unggas di Tanah Bumbu.  

Dikatakan Abdul Karim, sosialisasi dan deteksi dini penyebaran virus flu burung di Tanah Bumbu dilaksanakan sejak tanggal 27 Maret sampai 27 Mei 2016 dengan melibatkan petugas dari Distanpanak Tanah Bumbu, Dinas Kesehatan Tanah Bumbu dan Balai Veteriner Banjarbaru. (relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved