Home » » Mex siapkan 6 Kategori Penghargaan

Mex siapkan 6 Kategori Penghargaan

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 13 April 2016 | 11.03

BANJARMASIN – IOX Meratus Expedition 2016 (MEX 2016) akan dilangsungkan selama delapan hari (16-24 April 2016), offroader dari seluruh Indonesia akan mejelejahi pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan.

Yang unik dari IOX MEX 2016 ini dibandingkan dengan IOX JOLI (Jogya-Bali) November 2016 yang lalu, pihak penyelenggara menetapkan peserta  tanpa support car, tanpa melewati jalur umum dan total mandiri selama di dalam hutan.

Press Release yang diterima BatulicinNews.com (KALSELmedianetwork), gelaran IOX MEX 2016 memperebutkan total hadiah Rp 650 juta dengan Suguhan jalur yang akan menyedot kesabaran, skill hingga tenaga para offroader.

Ivent offroad kerjasama Indonesia UTV Club (IUTVC) dengan Indonesia Offroad Expedition (IOX) menggelar perhelatan penjelajahan pegunungan Meratus yang menghampar dari ujung selatan Kalimantan hingga ke Kalimantan Tengah.

Jumlah peserta dibatasi hingga 86 peserta saja, dengan menerapkan peraturan standar event IOX yang telah digelar sebelumnya, tentunya mengalami beberapa penyesuaian baik secara regulasi dan teknis kendaraan.

MEX digadang-gadangkan sebagai gelaran olahraga garuk tanah roda empat yang akan menyedot perhatian banyak pihak, baik dari Pemerintah Daerah, pelaku otomotif tanah air dan tentunya masyarakat Kalimantan Selatan. Mengingat jalur yang dilalui tentunya akan melewati wilayah-wilayah yang memiliki potensi wisata di Kalimantan Selatan.

Rencananya jalur akan dimulai dari Banjarbaru, tepatnya di Lapangan Murjani kemudian berakhir di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, berbarengan dengan Pesta Mappanretasi – Pesta Adat Tahunan Tanah Bumbu – yang juga diadakan di tempat yang sama.

IOX MEX merupakan event Non-kompetisi, tapi merupakan ekspedisi offroad yang bertujuan untuk meng-eksplor keindahan Kalsel dengan gaya khas Offroader.

Melalui jalur off-the-road yang melintasi potensi wisata daerah Kalsel, mengenal dan memperkenalkan kebudayaan Kalsel ke tingkat nasional maupun internasional melalui viral media IOX MEX 2016, dan tentunya ekspedisi offroad yang ramah lingkungan, menjaga lingkungan dan alam yang dilalui untuk tidak dirusak ataupun melukai lingkungan dan keindahan Kalsel.

Hal ini telah menjadi salah satu agenda utama dan ciri khas dari event-event ekspedisi IOX yang telah digelar sebelumnya. Nama-nama besar di kancah Ofrroad Tanah Air turut meramaikan ajang ini, sebut saja; Syamsir Alam yang juga merangkap sebagai Leader MEX, H. Sam punggawa dari team Jhonlin Racing Team, yang di event MEX menggunakan nama Team NAGA sebagai identitas timnya, bersama Hari SBM yang juga selaku Ketua Penyelenggara, H. Dirman, Pembekal Udin, dan Welly, tiga nama terakhir ini merupakan offroader Speed Offroad yang kerap berlaga di tingkat nasional.

"Salah satu tujuan MEX itu adalah, semoga jalur yang dibuka oleh Offroader peserta MEX ini bisa membuka kembali jalur lama yang dulu pernah ada, dan Pemda bisa memikirkan untuk membuat jalan Desa, sehingga perekonomian Desa pedalaman bisa lebih baik." kata Hari SBM.

"Jalur MEX 2016 merupakan jalur yang melintasi hutan tropis Kalimantan Selatan, di dalam jalur offroad tidak ada jangkauan sinyal komunikasi untuk telpon seluler dan tidak ada jalan memutar alias balik kanan. Kategori kesulitan jalur yang akan dilalui oleh IOX MEX termasuk dalam kategori Extreme Trail," Toto Widyarto Official IOX MEX 2016 menanggapi.

Sementara itu Leader MEX 2016 Syamsir Alam menjelaskan beberapa informasi terkait MEX 2016. "IOX MEX 2016 start Banjarbaru finish Batulicin, 374 Km, 8 hari, 2 Kabupaten, hanya 40 Km aspal dan 334 Km jalur offroad, 86 kendaraan peserta hanya 3 kendaraan panitia, total 89 kendaraan terdiri dari FJ CRUISER , JK , DEFENDER PUMA , BANDERA , FJ , Vitara dan lainnya. Menjelajahi pegunungan Meratus di Kalsel ini akan memberikan kepada offroader 86 door price seharga total 650 juta rupiah. Selamat ber-offroad ria!, safety no compromise!, green offroad! dan no narkoba!" tulis Syamsir Alam di medsos personalnya.

Penyelenggara akan memberikan 6 kategori penghargaan untuk Offroader yang turut berpartisipasi di IOX MEX 2016 ini. Antara lain; The Best Team Award, The Best Recovery Award, The Best Navigator Award, The Best Jungle Man Award dan Minimal Damaged Award." pungkasnya. (reell)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved