Home » » Pemkab Tanbu Raih Opini WTP 2015

Pemkab Tanbu Raih Opini WTP 2015

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 31 Mei 2016 | 11.05


BATULICIN – Berdasarkan hasil laporan pengelolaan keuangan tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) tahun ini kembali berhasil meraih prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WPT) dari Badan Pemerikasa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penghargaan pretasi WTP diberikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalsel, Yuliandra Tri Kusumo Nugroho kepada Wakil Bupati Tanbu, H Sudian Noor di Kota Banjarbaru, Senin(30/5) kemarin.

"Prestasi WTP tahun ini adalah ketiga kalinya diraih oleh pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu selama tiga tahun berturut-turut," kata Yuliandra Tri kusumo Nugroho, saat memberi sambutan dalam acara penyerahan penghargaan opini WTP tersebut.

Penghargaan yang sama juga diberikan kepada pemerintah kabupaten lain yaitu Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Balangan yang tahun ini juga sama-sama berhasil mempertahankan prestasi opini WPT selama tiga kali berturut-turut.

Disusul oleh kabupaten lain yang berhasil mempertahankan pretasi WTP nya selama dua tahun atau dua kali berturut-turut yaitu Kabupten Tapin dan Kabupaten Tabalong. 

Sedangkan kabupaten yang berhasil tahun ini menaikan prestasi opininya dari  Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi WTP yaitu Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Kotabaru.

Penghargaan prestasi WTP diberikan oleh BPK atas dasar hasil pemeriksaan laporan sistem pengelolaan keuangan daerah yang sebelumnya disusun berdasarkan standar akuntansi pemerintah yang berbasis Akrual. Pengelolaan sistem keuangan ini berbeda dengan sistem pengelolaan keuangan sebelumnya yang berbasis  Cash Toward Acrual (CTA).

Sistem pengelolan keuangan berbasis Akrual saat ini memang diwajibkan bagi setiap pemerintah daerah. Sistem ini dianggap lebih banyak memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat, maupun dalam hal pengembangan profesi akuntansi dibandingkan dengan sistem pengelolaan keuangan yang bebasis kas.  

Sistem periksaanya pun yang dilalukan oleh BPK disesuaikan dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SKPN). Berdasarakan standar pemeriksaan tersebut akhirnya BPK menyimpulkan bahwa penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tanbu tahun anggaran 2015 telah sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) dan layak mendapatkan prestasi opini WTP. 

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Tanbu, H Sudian Noor mengatakan, keberhasilan pemerintah daerah dalam meraih prestasi WTP tidak lepas dari dukungan seluruh lapisan masyarakat. 

Penghargaan itu sekaligus menjadi bukti nyata kerja keras seluruh jajaran Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dalam hal mewujudkan sistem tata kelola keuangan daerah yang lebih baik. 

Meski demikian, Sudian Noor berharap agar sistem pengelolaan keuangan di daerah tetap lebih ditingkatkan sebagai salah satu bentuk pemberian pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Sedangkan prestasi WTP yang saat ini berhasil diraih setidaknya harus menjadi sebuah motivasi yang positif untuk terus meningkatkan kualitas sistem pengelolaan keuangan daerah tersebut. 

"Sehingga kedapanya, prestasi itu dapat kembali kita pertahankan," jelas wakil bupati usai menerima penghargaan prestasi WTP dari BPK-RI Perwakilan Kalsel. (relhum).

 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved