Home » » Peternak Tanbu Tidak Repot Lagi Cari Bibit Sapi Pejantan Unggul

Peternak Tanbu Tidak Repot Lagi Cari Bibit Sapi Pejantan Unggul

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 08 Mei 2016 | 08.44

BATULICIN – Peternak sapi di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) tidak perlu repot lagi untuk mencari bibit pejantan unggul apabila ingin mengembangkan ternaknya. Karena hanya dengan menghubungi petugas IB  atau Inseminator terdekat di wilayahnya maka hewan ternak akan mendapatkan Inseminasi Buatan.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) Tanbu, Abdul Karim, melalui Kasi Produksi Peternakan, Berkat, S.ST, pada saat Evaluasi dan Sosialisasi Kegiatan Inseminasi Buatan (IB) Kabupaten / Kota tahun 2016, Rabu (20/4) di Batulicin.

Sosialisasi dan evaluasi IB Kab/kota rutin digelar oleh Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan bertujuan untuk memberikan informasi terkait kegiatan IB tentang operasional pelaksanaan inseminasi buatan , PKB (Pemeriksa Kebuntingan), dan ATR (Asisten Tekhnis Reproduksi) tahun 2016.

Dijelaskannya, Inseminasi Buatan atau dengan istilah lain kawin suntik adalah pemasukan cairan semen pada sapi jantan kedalam saluran kelamin betina dengan menggunakan alat yang biasa disebut Ib Gun. Sehingga dengan demikian sapi betina akan bunting.

Untuk tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mendapat alokasi dana operasional dari APBN untuk kegiatan Inseminasi Buatan sebanyak 500 dosis, pemeriksaan kebuntingan 100 dosis, dan asisten tekhnik reproduksi 50 dosis.  (RELHUM)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved