Home » » BUPATI TANBU SIAPKAN 750 ROMPONG

BUPATI TANBU SIAPKAN 750 ROMPONG

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 01 Juli 2016 | 13.51

Guna meningkatkan hasil tangkapan ikan untuk nelayan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, Mardani H Maming selaku Bupati setempat, saat ini mulai menebar ratusan rompong (rumah ikan buatan) di perairan Tanah Bumbu terbentang dari laut Batulicin hingga Laut Satui. Dari informasi yang diserap fokusbatulicin.com nantinya rompong tersebut baru bisa dijadikan pusat pemancingan selepas bulan agustus 2016 mendatang.

Disela Kunjungannya ke sejumlah Desa dalam Safarai Ramadhan 2016, Mardani mengutarakan, saat ini sudah dilepas sebanyak 500 rompong, dan masih dalam tahap pembuatan sekitar 250 rompong siap ditebar kedasar laut. Hal itu bertujuan agar semakin banyak rompong yang dilepas, semakin besar pula peluang perkembangbiakan ikan ikan disekitar laut Tanah Bumbu, dan mengundang ikan ikan liar untuk menjadikan rompong tersebut sebagai wadah bersarang.

"Saat ini nelayan kita mulai kesulitan mencari ikan, terutama bagi nelayan pancing. Nah dengan adanya 750 rompong ini nantinya bisa menjadikan semangat baru bagi nelayang untuk mendapatkan tangkapan yang lebih banyak. Tentunya ini kita harapkan mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan umumnya" terang Mardani.

Selain untuk nelayan, prospek perkembangan ekonomi lainnya. Dengan adanya spot spot pemancingan di perairan Tanah Bumbu ini membuka peluang usaha baru bagi masyarakat disektor wisata. Mardani menuturkan nelayan bisa saja menyewakan kapal kapalnya serta menyediakan alat pancing dikapal tersebut kepada pelancong, atau wisatawan yang ingin menikmati liburannya dengan menyalurkan hoby memancing mereka.

"Kita juga nantinya juga bisa menyiapkan seafood corner atau warung warung seafood di sekitar pesisir yang selalu siap memasak atau menyajikan ikan ikan hasil pancingan mereka, namun bagi wisatawan yang ingin memasak ikan tangkapan mereka sendiri warung warung itu juga bisa menyediakan persewaan alat alat dapur serta menyediakan bumbu masak yang lengkap. Sehingga wisatawan bisa berlibur bersama keluarga atau sahabat mereka dengan benar benar menikmati suasan laut yang ada" terang Bupati Termuda di eranya ini.

Saat ditanya, bagaiman tekhnis untuk mengetahui keberadaan rompong rompong tersebut, dijelaskan setiap nelayan akan diberikan titik koordinatnya serta diajarkan cara menggunakan dan membaca GPS diatas kapal mereka. Nantinya nelayan nelayan tersebut akan diberikan semacam pelatihan atau bimbingan tekhnis penggunaan GPS sehingga semua nelayan dengan mudah memilih spot spot pancingan.

"Sementara kita tidak akan memberitahukan spot spot rompong kepada siapapun, lantaran rompong rompong tersebut belum siap untuk dipancing. Menurut aturan rompong tersebut baru bisa dipancing setelah 6 bulan. Nah, kita baru lepas rompong di bulan Januari dan Februari, bahkan ada yang baru mau diturunkan, jadi untuk yang mau mancing sabar dulu, nanti kita akan adakan pemancingan bersama sama" papar Mardani. (LEY)


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

17 November 2016 07.45

bagaimana cara untuk mendapatkan gps nya kami belum mendapatkan gps tersebut terima kasih.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved