Home » » Tanbu Jalin Kerjasama Dengan Negara Korea

Tanbu Jalin Kerjasama Dengan Negara Korea

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 19 Juli 2016 | 16.41

BATULICIN-Guna memacu pertumbuhan  Pembangunan di sektor pertanian Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menyambut baik  adanya  kerjasama dengan negara Korea.

Kerjasama yang dilakukan lintas negara itu di fasilitasi oleh Ekonomic Developmen Indonesia Korea (JCIK) akan focus pada pertanian secara luas termasuk pembangunan bendungan riam Kiwa yang selama ini dianggap mampu mengatasi permasalahan banjir serta kebutuhan air bagi kawasan pertanian di Kalimantan Selatan, termasuk bagi Bumi Bersujud sendiri.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan salah satu persoalan sekaligus menjadi kendala pengembangan pertanian di Kabupaten Tanah bumbu ini adalah belum adanya ketersediaan bendungan  atau irigasi yang tepat guna mengatur distribusi air ke berbagai lahan pertanian padi sawah.

"Pertanian saat ini lebih banyak mengandalkan curah hujan sehingga dengan terbangunnya bendungan itu akan banyak mengaliri beberapa daerah resapan yang bisa dijadikan lahan pertanian yang luar biasa, dengan harapan daerah kita bisa menjadi lumbung beras nasional di Kalimantan Selatan" Kata Mardani saat melakukan ekpos pertanian dihadapan Delegasi JCIK dari Korea serta beberapa pejabat terkait yang digelar diruang Bupati selasa (19/07) kemari.

Dipaparkannya, kalau melihat dari posisi 25 Kilometer dari laut hingga ke Gunug Meratus , dengan rincian 500 meter sebelah kiri dan sebelah kanan, maka dengan adanya bendungan  itu  diperkirakan akan menghasilkan senilai 200 ribu hektar sawah produktif.

"Dari hasil 200 ribu hektar  yang diperoleh atas terbangunnaya bendunga itu  merupakan tantangan bersama, dan  itu tinggal kita aja lagi yang menjaga,  terutama lebih memperhatikan masalah kontrol air terkait kadar keasamannya, kemudian  sarana pengeringan gabah maupun penyiapan bibit yang lebih berkualitas," jelas Mardani.

Delegasi JCIK Korea Seo Youngtae sangat mengapresiasi atas paparan terkait upaya penuntasan persoalan pertanian yang akan dilakukan  Bupati  dua priode tersebut. Menurut Seo Yountae,   Isu yang menarik dalam penuntasan hal itu adalah terkait manajemen air.

Berkenaan dengan penuntasan persoalan  itu ungkapnya , Delegasi Korea akan menawarkan kerjasama melalui BUMN  Korea yang bernama Kie Water."tekhnis berikutnya  apakah kerjasama itu langsung ke bisa ke Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu atau melalui kerjasama melalui  perusahaan swasta lainnya dalam hal pengerjaan bendungan tersebut," jelasnya.

Tindak lanjut realisasi kerjsama ini sambung dia, semua diperlukan kajian yang matang serta melalui tahapan proses untuk merealisasikannya. Sementara  agenda ini sudah  bisa ditawarkan  kedalam  komponen perencanan nasional.

"hal yang penting dilakukan  pihak pemerintah daerah adalah menyiapkan master plant terkait rencana pembangunan regional itu, sehingga kita bisa melihat focus maupun titik mana yang bisa dipersiapkan,"pungkasnya.  

Sementara itu, kedatangan delegasi  JCIK dari Korea tersebut, tidak hanya menjalin di sektor pertanian maupun pengembangan risetnya, disektor Pariwisata, Pendidikan serta Perikanan turut dilakukan pengembangan kedepannya.(Humas)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved