Home » » Bupati Harapkan Perusahaan, Lebih Peduli MTQ

Bupati Harapkan Perusahaan, Lebih Peduli MTQ

Written By Fokus Batulicin on Senin, 08 Agustus 2016 | 08.16

BATULICIN – Ajang Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) diharapkan mampu menjadi tolok ukur sekaligus meningkatkan nilai-nilai keimanan umat islam pada khususnya dan masyarakat secara umum dalam menjalani rutinitas hidup sehari-hari.

Pernyataan itu disampaikan  oleh Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Mardani H Maming pada saat pembukaan acara MTQ Nasional Ke-13 tingkat kabupaten di Kecamatan Satui, Sabtu (6/8).

"Lebih dari pada itu dengan melaksanakan MTQ kami harapkan bisa lebih meningkatkan hubungan silaturahmi di masyarakat," tegas Madani H Maming saat memberi sambutan dalam acara tersebut.

Mardani menjelaskan, tinggi jumlah umat Islam yang ada di negri ini tidak menutup kemungkinan menjadikan Indonesia sebagai  acuan bahan pemikiran atau idealisme negara lain di dunia.

Sudah semestinya pelaksanaan MTQ sekarang ini akan mampu meningkatkan moral bangsa menjadi lebih baik sehingga kepribadian, akhlak , dan moral bangsa kita lebih patut untuk dicontoh bagi bangsa dan negara lain.

Pelaksanaan MTQ yang lebih banyak mempelajari isi kandungan Al-Qur'an, hakekatnya dianggap sebagai upaya bersama untuk menggaungkan nilai-nilai kemanusiaan di tengah masyarakat.

Nilai-nilai kemanusiaan yang kondisinya cenderung turun akan dianggap sebagai penghambat jalanya pembangunan baik di kancah dunia politik maupun dalam hubungan kehidupan bermasyarakat.
 
"Oleh sebab itu pelaksanaan MTQ seperti ini harus membudaya. Supaya nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung dalam Kitab Suci Al-Qur'an dapat di implementasikan dengan baik di tengah masyarakat;" katanya.

Pelaksaan MTQ Nasional Ke-XIII tingkat kabupaten dipastikan akan belangsung selama lima hari ke depan hingga 10 Agustus 2016. Ketua Panitia MTQ, Setia Budi melaporkan biaya yang tersedia untuk menyelenggarakan acara MTQ tersebut mencapai Rp.1.6 milyar lebih. 

"Rp.1,3 miyar diantaranya murni dari anggaran DPA Kecamatan Satui. Dan sekitar Rp.300 juta lebih lagi berasal dari hasil pengumpulan sumbangan pihak ketiga," kata  Setia Budi yang sekaligus menjabat sebagai Camat Satui tersebut.

Bupatipun mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak ketiga yang sudah turut peduli memberikan bantuan dananya untuk penyelenggaran MTQ tersebut. Namun dibalik itu juga bupati menyayangkan masih adanya pihak ketiga yang terkesan main-main atau kurang iklas dengan memberi bantuan dana yang tidak sewajarnya atau jauh lebih sedikit dari yang dibutuhkan panitia.

Bupati meminta kepada pihak panitia untuk segera mengembalikan bantuan uang pihak ke tiga yang nilainya Rp.5.000.000 ke bawah. Pihaknya secara pribadi siap untuk menggantikan bantuan tersebut kepada panitia.

"Acara besar seperti ini rasanya kurang wajar kalau sekedar dibantu uang senilai Rp.5.000.000 atau bahkan ada yang kurang. Saya minta uang itu dikembalikan saja kepada perusahan yang menyumbang dan biar saja nanti saya yang mengantikan," tegas Mardani dengan nada sedikit geram.
      
Jumlah pihak ketiga yang menyumbang dana MTQ antara lain PT Berkat Bersujud sebesar Rp.50 juta, PT Usaha Baratama Jesindo Rp.40 juta, PT Baskhara Sinar Sakti Rp.2,5 juta, PT Gawi Makmur Kalimantan Rp. 50 juta, PT Wahana Baratama Mining Rp.50 juta, PT Buana Karya Bakti Rp.15 juta. PT Binuang Jaya Mulia Rp.15 juta, dan  PT NTN Rp.5 juta.

Ditambah banatuan pribadi atas nama H Samsul Cs sebesar Rp.10 juta, bantuan dari KUPP Satui sebesar Rp.25 juta, PT Kirana Khatulistiwa sebsar Rp.3 juta, Bank BNI Rp.1 juta, PT BME Rp.2,5 juta, KSU Wahana Murni Rp.500.000, PT BIB Rp.100 juta, PT Buma Rp.1 juta, PT MINAMAS Rp.5 juta, PT KSA Rp.2 juta, dan CV Bagong Rp.750 ribu.

Kemudian bantuan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Rp.2 juta, Koperasi Buana Sakti Sejahtera Rp.2 juta, Sumbangan dari tongkang atau KANPEL Rp.120 juta, CV MMCT Rp.5 juta, PT United Tractor Rp.500 ribu, ABDESI Kecamatan Satui (Kepala desa) Rp.13 juta, anggota DPRD Dapil III Rp.10 juta, PT Buana Karya Wiratama (BKW) Rp.50 juta, PT BBU Rp.50 juta,  dan PT Jhonlin Baratama Rp.50 juta ( relhum)  

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

17 Agustus 2016 17.17

alhamdullilah,,,kotabaru dan batulicin terus berbenah dan berkembang....teriring doa untuk segenap unsur yg terlibat dalam pembangunan kota tsb sehat dan sukses selalu.

salam
Ahmad Yani
www.borneosolarcell.blogspot.com
>>>pusat listrik tenaga matahari terbesar di kalsel-teng<<<
mobile.0811-5121-599

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved