Home » » Ratusan Warga Dan Berbagai Elemen Ikuti Tradisi Taptu

Ratusan Warga Dan Berbagai Elemen Ikuti Tradisi Taptu

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 17 Agustus 2016 | 15.19

BATULICIN-Tak berbeda dari tahun sebelumnya, dalam rangka peringatan HUT Proklamasi RI ke 71 Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar malam Ketetapan Satu(Taptu)  yang di ikuti ratusan warga serta  berbagai elemen  baik dari pelajar Ormas dan unsur  Pemerintah Daerah maupun  personil TNI dan Polri.

Pawai di awali dengan pemasangan api obor  dan secara simbolis di nyalakan oleh Kaplres Tanah Bumbu AKBP. Kusbiantoro. Sik. Sekaligus bertindak sebagai Insfektur Upacara malam Taptu yang di gelar di halaman panggung Wisata Pagatan Selasa malam (16/08) kemarin. 

Setelah Api Obor dinyalakan, maka sebelum bergerak menuju rute yang ditentukan, para peserta dilepas langsung oleh Kapolres Tanbu di dampingi Sekretaris Tanah Bumbu Drs. Said akhmad. MM serta diikuti unsur Forum Koodinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Tanbu dan beberapa jajaran SKPD dilingkup Pemkab Tanah Bumbu.

Adapun Rute yang di tempuh para peserta kali ini adalah Star  di mulai depan Koramil Kusan Hilir Pagatan, kemudian pawai tersebut  turut disaksikan kerumunan masyarakat setempat saat barisan menyisir sepanjang 2 Kilometer di kota Pagatan.

Selain untuk menanamkan rasa cinta kepada Tanah Air, pawai ini bertujuan untuk mengenang kembali pahalwan perjuangan maka  kegiatan malam  Taptu juga dilanjutkan  dengan kegiatan renungan suci yang ditempatkan di Makam Pahlawan Matone Pagatan.
Tepat pukul 23.00 Wita. Jajaran Pemkab Tanbu bersama Unsur Forkominda setempat maupun personil  TNI dan Polri dan berbagai elemen lainnya  yang sudah mengikuti prosesi malam Taptu tersebut kembali merapatkan barisan dihalaman makam Matone Pagatan.

Saat lampu Makam di padamkan, prosesi ditandai dengan pembacaan pesan renungan suci yang di pimpin langsung Komandan Kodim( Dandim)  1022/Tnb Letkol Inf. Mustaqim selaku Insfektur upacara, kemudian diakhiri dengan  penghormatan kepada arwah Pahlawan oleh seluruh peserta upacara.(Humas)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved