Home » » Batulicin Irigasi Diharapkan Menjadi Percontohan Desa Lain

Batulicin Irigasi Diharapkan Menjadi Percontohan Desa Lain

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 27 September 2016 | 17.21

BATULICIN -Tim penilai dari PKK pusat sudah melakukan penilaian di Desa Batulicin Irigasi Kabupaten Tanah Bumbu untuk  mewakili propinsi Kalimantan Selatan dalam lomba Halaman Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK tingkat nasional.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan.  Ditunjuknya Desa Batulicin Irigasi sebagai tempat penilaian  tersebut kerena warganya berhasil memanfaatkan  pekarangan rumahnya dengan menanami berbagai  tumbuhan dan pembudidayaan ikan secara baik hingga memberi nilai ekonomis bagi warga itu sendiri.

"Apa yang sudah dilakukan di Desa Batulicin Irigasi  diharapkan bisa menjadi  percontohan bagi desa lain agar bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya seoptimal mungkin  yakni menanami berbagai tumbuhan  lainnya serta pembudidayaan ikan," "kata Bupati saat di wawancara awak media di sela sela penilaian HATINYA PKK di Desa Batulicin Irigasi belum lama tadi.

Bupati menambahakan,  selain keperluan sendiri  berbagai tanaman sayuran dan lainya   hasilnya bisa di jual dipasaran. Setidaknya melalui HATINYA PKK bisa mendorong peningkatan   ekonomi ditiap keluarga. 

"Dengan pemanfaatan halaman yang optimal, para ibu rumah tangga akan berhemat dalam membelanjakan keuangannya, karena semua kebutuhan bisa diusahakan melalui pemanfaatan halaman pekarangan ini. Bahkan kalau hasilnya baik dan lebih, bisa dijual sehingga bisa menambah 'income' (pendapatan) keluarga dan dengan demikian bisa meningkatkan taraf hidup dan kualitas kehidupan keluarga,"ungkapnya.

Sebelumnya Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor mengatakan.Untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga harus di mulai dari kemampuan inovasi dan kreatifitas keluarga itu sendiri.
Kemampuan inovasi keluarga itu lanjut Sahbirin tentunya  sejauhmana keluarga mau memanfaatkan pekarangannya secara baik  meskipun sekecil apa pun halaman rumahnya.

"Andaikan semua keluarga mau  kreatif  memanfaatkan pekarangannya dipastikan  semua masyarakat akan sejahtera. Sebab hasil pemanfaatan pekarangan itu bisa memenuhi tambahan ekonomi keluarga,"terangnya.

Sementara itu tim penilai PKK pusat Drs.H. Johan susmono turut mengapresiasi
atas aktifitas masyarakat desa yang sudah mampu memanfaatkan pekarangan secara baik.
Melihat suasana asri dan lingkungan bersih serta bernilai ekonomis karena tiap pojoknya dipenuhi berbagai tanaman sayur mayur dan bermanfaat lainnya Desa Batulicin Irigasi layak  dicanangkan sebagai desa tujuan wisata.

"Disini potensinya sangat luar biasa. Letak geografis dan luasnya juga sangat memenuhi syarat. Kalau ini ditata dengan sedemikian rupa, masyarakatnya pun mau berperan aktif menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, tapi berhasil dan berdaya guna, maka wisatawan yang datang akan merasa nyaman menikmati desa ini," pintanya.

Dalam kesempatan itu dia membeberkan, Batulicin Irigasi sudah masuk nominasi 5 besar   dari ratusan Kabupaten yang mengikuti penilaian lomba HATINYA PKK tingkat nasional
"Dari 5 besar itu akan mengerucut menjadi nominasi 3 besar, maka dari 3 besar itu Kabupaten mana yang mendapatkannya, semoga Kabupaten Tanah Bumbu ada di dalamnya berdasarkan verifikasi dan keputusan tetap dari tim penilai secara obyektif,"tutupnya.(Humas)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved