Home » » Gubernur: Manfaatkan HATINYA PKK Untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga

Gubernur: Manfaatkan HATINYA PKK Untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 27 September 2016 | 15.31

BATULICIN-Gubernur Kalimantan Selatan  H. Sahbirin Noor  mengharapkan kepada masyarakat agar terus  memanfaatkan Halaman Asri, Teratur , Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK salah satu sumber pendapatan dan peningkatan ekonomi  keluarga,  kerenanya gerakan HATINYA PKK juga perlu mendorong  agar masyarakat dapat melakukan  pemanfaatan pekarangan rumah dengan sebaik baiknya.

"Melalui HATINYA PKK Diharapkan Masyarakat dapat secara sadar  untuk  mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar ASRI teratur sehingga terlihat  indah   dan menciptkan kenyamanan  bagi penghuninya," Kata Sahbirin Noor saat memberikan sambutan dalam penilaian HATINYA PKK di Desa Batulicin Irigasi Minggu (25/09).

Dia menambahkan , selain dapat  terlihat teratur ASRI dan Rapi juga perlu diperhatikan pemanfaatan pekarangan dijadikan sebagai lumbung hidup yakni dengan menanam singkong, Talas Jagung atau Ubi jalar yang mengandung karbohidrat  dan membuat kolam ikan atau berternak sebagai sumber protein.
Menurutnya, selain menunjang ekonomi keluarga, dari jenis tanaman Karbihidrat tersebut turut menjadi pemenuhan gizi masyarakat itu sendiri.

"Saya meyakini apabila setiap rumah tangga dan keluarga dapat melakukan hal ini tentunya akan membantu keluarga dalam meningkatkan gizi keluarga bahkan lebih jauh dapat menciptakan  peningkatan  kualitas sumber daya manusia yang diharapkan,"ungkapnya.

Dia mencontohkan, seperti negara Jepang yang semula hancur luluh lantak dalam kejadian Herosma  dan Nagasaki,  namun  dengan tekad dan semangat yang luar biasa mereka bangkit dari kehancuran dengan berkomiten mengutamakan pemenuhan Gizi  rakyatnya. Kerena dengan  peningkatan gizi itu lah yang mampu menciptakan manusia- manusia yang berkualitas.

"Kita di Republik negeri ini sudah 71 tahun merdeka  belum pernah hancur akibat ledakan bom seperti Jepang, justru negera itu pernah menjajah kita dan pernah hancur , bahkan belum seratus tahun kehancurannya, mereka sudah bisa bangkit luar biasa," jelasnya.
Sambungnya, Jepang sekarang bukan lagi sebagai generasi yang kerdil kualitas manusiannya tapi sekarang sudah tumbuh sebagai generasi-generasi yang luar biasa , kerena apa, salahsatunya adalah asupan gizinya yang tercukupi.

"Oleh kerena itu mari manfaatkan pekarangan rumah  masing-masing, selain mendorong peningkatan ekonomi keluarga, yang tak kalah penting adlah pemenuhan gizi keluarga itu sendiri,"tandasnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming  turut menyambut  kedatangan Gubernur Kalsel yang akrab di sapa Paman Birin ini  hadir  bersama Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Kalimantan selatan Hj. Raudhatul Jannah beserta rombongan sekaligus mendampingi Tim Penilai dari PKK Pusat Drs. H. Johan Susmono.

Sebelumnya, dalam kesempatan itu, tim penilai   melakukan kunjungan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Tirta Kencana Desa Batulicin Irigasi yang menjadi obyek dari penilaian tersebut. serta Kelompok Desa Wisma yang saat ini aktif memanfaatkan pekarangannya untuk tambahan ekonomi keluarga di Desa tersebut. (Humas)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved