Home » » Sekda Tanbu Hadiri Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Tiga Raperda

Sekda Tanbu Hadiri Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Tiga Raperda

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 27 September 2016 | 15.37


-          Delapan Fraksi DPRD Tanbu Sampaikan Pemandangan Umum
BATULICIN – Sebanyak 8 (Delapan) Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) memberikan pemandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang sebelumnya disampaikan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu).

Pemandangan Umum Fraksi-fraksi disampaikan pada saat Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu terhadap 3 (Tiga) Raperda Kab. Tanbu Tahun 2016, Selasa (27/9) di Gedung DPRD Tanbu, Batulicin.
Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Tanbu H. Muhammad Alpiya Rahman, sedangkan dari pihak Eksekutif dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu H. Said Akhmad untuk mendengarkan pemandangan umum fraksi DPRD Tanbu.

Rapat Paripurna juga dihadiri oleh Ketua DPRD Tanbu H. Supiansyah, Forum Komunikasi Pimpinan  Daerah (FKPD) Tanbu, Pejabat Pemkab Tanbu, dan undangan.

Adapun Tiga Raperda yang masuk tahap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Tanbu yaitu 1), Raperda Tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan Dalam Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, 2), Raperda Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Pajak Restoran, dan 3), Raperda Tentang Pencabutan Beberapa Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.
Dari Raperda yang disampaikan tentunya bertujuan untuk meningkatkan percepatan pembangunan daerah yang nantinya berdampak pula terhadap peningkatan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Tanah Bumbu.

Adapun Delapan Fraksi yang menyampaikan Pemandangan Umum yakni, Fraksi Partai Partai PDI Perjuangan, Fraksi Partai Hanura, Fraksi Partai PKB, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Amanat Demokrat, Fraksi Partai PPP Keadilan Sejahtera dan Fraksi Partai Golkar.
Beberapa pemandangan umum Fdan masukan-masukan yang  disampaikan Fraksi-fraksi DPRD kepada pemerintah daerah Tanah Bumbu terhadap Raperda Perubahan  Atas Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Pajak Restoran  diantaranya yaitu pajak tidak hanya berorientasi pada pungutan, tetapi juga harus berorientasi pada pertumbuhan ekonomi.

Dimana Pemerintah Daerah juga perlu mendorong agar restoran dapat berkembang secara kuantitas sehingga dengan peningkatan jumlah restoran sekaligus juga meningkatkan jumlah wajib pajak yang akhirnya meningkatkan jumlah penerimaan pajak bagi daerah.
Sedangkan Pemandangan Umum terhadap Raperda Pembentukan Lembaga kemasyarakatan  Desa dan Kelurahan,  bahwa salah satu faktor yang menentukan keberhasilan penguatan kelembagaan adalah adanya kemampuan dan sumberdaya manusia dalam kelembagaan itu sendiri untuk itu dalam rekrutmen pengurus lembaga kemasyarakatan harus memenuhi syarat-syarat.

Sementara itu, Raperda tentang Pencabutan Beberapa Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu maka pemerintah daerah perlu melakukan sosialisasi agar masyarakat dan investor  mengetahui serta memahami sehingga mendorong pengusaha untuk dapat berinvestasi di Kabupaten Tanah Bumbu dengan rasa aman dan terjamin. (relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved