Home » » Tanbu Juara 1 Lomba Balogo Kalsel

Tanbu Juara 1 Lomba Balogo Kalsel

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 20 September 2016 | 11.21

BATULICIN-Peserta yang mewakili Kabupaten Tanah Bumbu  (Tanbu) dalam pertandingan Balogo se Kalimantan Selatan akhirnya berhasil meraih juara 1 dalam rangkaian Festival Budaya Terapung 2016 yang di gelar di Banjarmasin Belum lama tadi.

Peserta yang bertanding sebanyak 100 regu di event tersebut turut mengundang antusias dari penonton. Bahkan  dari  17 regu  Tanbu yang diturunkan  turut  mendominasi permainan  dengan membawa pulang  5 Tropy   serta uang pembinaan di event tersebut.

Sebut saja Regu Balogo dari Tanbu Tim Gagah Lurus dalam event itu berhasil lolos sebagai  juara 1, Tim  Sniper Tanbu mendapatkan juara 2, Tim  Naga One mendapatkan juara 4, Tim Raja Tempurung mendapatkan juara 5. Sedangkan Tim Banteng mendapatkan juara 6. Terkecuali Tim  Kabupaten Balangan yang mendapat juara 3 dalam kejuaraan tersebut.

Kepala Dinas Pemuda  Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disparbudpar) Kabupaten Tanbu Drs. H. Muhammad Thaha  mengatakan. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras para regu Balogo dengan  berlatih secara ulet dan tangguh.

"Diharapkan dengan keberhasilan tim regu Balogo Tanah Bumbu ini akan selalu membawa nama harum daerah, khususnya budaya  permainan tradisional yang sedang giat-giatnya dihidupkan kembali di Kalimantan Selatan,"ujar Thaha saat di konfirmasi melalui HP selularnya.

Sementara itu sambung Thaha. Semenjak maraknya permainan Balogo di Tanah Bumbu para regu yang sudah terbentuk  tak jarang  pada malamnya melakukan permainan antara regu lainnya.

Lanjutnya, di berbagai desa yang tersebar saat ini sudah memiliki ratusan  regu Balogo. Bahkan di tiap desa sudah memiliki beberapa lapangan untuk sarana bermain.

"Berdasarkan catatan Disparbudpar lapangan Balogi berjumlah  20 buah, itu tidak termasuk yang belum terdaftar. Dengan adanya sarana lapangan bertanding itu  itu mereka terus berlatih  sekaligus  lomba antar grup antar desa di lapangan tersebut."pungkasnya.(Humas)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved