Home » » Demi Varietas Baru, Tanbu Datangkan Dokter Jepang

Demi Varietas Baru, Tanbu Datangkan Dokter Jepang

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 21 Oktober 2016 | 16.29

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) mendatangkan Doktor ahli pertanian lulusan Jepang guna membuat Varietas bibit unggul yang baru sebagai bentuk upaya  pengembangan  jenis tanaman Talas, Jagung dan padi di Kabupaten Tanah Bumbu.

Doktor ahli Pertanian lulusan Jepang itu berasal dari Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan, dia berhasil membuat Varietas baru yang unggul dan langsung bekerjasama dengan negara Jepang dalam hal pemasaran  hasil pertanian daerahnya, sehingga hasilnya sudah bisa membuat Petani di daerah itu sejahtera.

"Kita menginginkan Varietas baru  itu turut  dikembangkan di  daerah kita sendiri seperti  halnya  Kabupaten  Bantaeng   sekaligus dilakukan kerjasama dengan pihak Jepang  untuk menuju pengembangan pemasaran dari  hasil tanaman ke negara itu," Kata Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat memberikan sambutan dalam  peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia  (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN)  di kawasan  Kantor Bupati  Jum at (21/10).

Dikatakannya, berbagai upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pertanian  itu, Pemkab Tanbu setelah ini  akan melakukan kerjasama dengan pihak swasta  terkait  hasil pengembangan tanaman melalui  varietas bibit unggul baru  itu.

Menurut Bupati,  keterlibatan pihak swasta akan berperan  menyediakan bibit unggul dari jenis tanaman itu,  dimana nanti bagi masyarakat yang melakukan penanaman dapat mengambil bibitnya dari swasta  tersebut,  dan pihak swasta itu lagi yang akan membeli hasil dari produk petaninya.

"Melalui kerjasama itu  diharapkan  dari Hulu dan Hilirnya benar benar terjaga untuk   pemberian  bibit  unggul kepada petani  ,  kemudian  setelah panennya  maka pihak  swasta itu sendiri membeli hasil panennya sekaligus memberi bibitnya,"Jelasnya. (L3Y/Relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved