Home » » Pengerjaan Tahap 1 Dana Desa Segumbang Sesuai Perencanaan

Pengerjaan Tahap 1 Dana Desa Segumbang Sesuai Perencanaan

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 12 Oktober 2016 | 09.46

BATULICIN- Proyek pengerasan Tembok Penahan Tanah (TPT) di bantaran Sungai Desa Segumbang, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu berikut dengan tiga proyek lainnya yang masuk dalam Program Dana Desa APBN sudah sesuai tahap perencanaan.

Bahkan alokasi dana Tahap 1 serta proses pengerjaan pisik di lapangan sudah memenuhi standart baik secara administrasi laporan penggunaan anggaran, tahapan tahapan pengerjaan maupun perencanaan awal, juga sudah diniliai memenuhi hasil kesepakatan rapat awal penentuan pengerjaan proyek Dana Desa tersebut.

Demikian dijelaskan Tenaga Pendamping Desa Segumbang Halimatusa'diah bersama Kepala Desa Segumbang, Hayyun saat menyampaikan laporan kegiatan Pembangunan Dana Desa Segumbang Tahap 1 diruang Kepala BPMPD Kabupaten Tanah Bumbu Nanang S. Rabu (12/10) pagi.

Dari keterangan Kepala Desa Segumbang, dari Dana Desa APBN yang masuk ke desanya sebesar Rp 619.660.847 oleh masyarakat Desa Segumbang telah bersepakat dalam Rapat Musrenbangdes untuk bisa dimanfaatkan bagi pembangunan tiga proyek yang dinilai penting untuk dikerjakan, lantaran masuk dalam kebutuhan penting warga desa.

Dimana ketiga proyek tersebut adalah Pembuatan TPT dan Perkerasan Jalan pada RT 01 dengan Volume 98X3.5X2m dengan menelan dana Rp 264.196.556,. Dengan realisasi Tahap 1 sebesar Rp 87.263.217 atau realisasi fisik 60 %. Kemudian proyek kedua adalah pengerjaan Pembuatan Jalan Usaha Tani Rt 02,  dengan Volume 311X2X0.8m Alokasi RAB Rp222.248.723,. Dengan angka realisasi Tahap 1 sebwsar Rp172.277.723 atau 80%fisik. Sementara proyek ketiga untuk pembuatan saluran air dengan Volume 406X1X0.8m dengan alokasi RAB tahap 1 senilai Rp133.215.568 atau telah mencapai 70 persen.

Saat ditanya kenapa tidak fokus pada 1 proyek saja dengan dana APBN yang digelontorkan, Hayyun menjawab bahwa ketiga proyek tersebut merupakan keinginan warganya. Dan sama sama dinilai perlu, sementara kenapa pada pengerjaan proyek pembuatan jalan usaha tani dan pembuatan saluran air telah mencapai 70 dan 80 persen, Hayyun menjelaskan hal ini adalah lantaran melihat kondisi cuaca belakangan yang diperkirakan akan memasuki musim penghujan. Karena jika memasuki musim penghujan dikhawatirkan proyek tersebut tidak bisa dikerjakan. Yang pada akhirnya Desa dianggap tidak mampu merealisasikan keinginan warganya.

Disinggung terkait kapan kucuran dana Tahap 2 akan bisa direalisasikan Nanang S selaku Kepala BPMPD yang membidangi itu mengatakan saat ini laporan pengerjaan proyek Tahap 1 telah masuk di bagian keuangan pemerintah daerah untuk mendapatkan koreksi, jika dinilai pelaporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran Tahap 1 tidak bermasalah maka akan secepatnya diajukan ke pemerintah pusat, untuk selanjutnya memasuki tahap pencairan.

"hari ini Desa juga akan kembali mengadakan rapat ditingkat desa guna menjelaskan langsung ke masyarakat. Bahwa tahap 1 pengerjaan proyek Desa Segumbang sudah seauai tahap perencanaan, namun lantaran ada proses administrasi terlebih dahulu sebelum pencairan dana tahap 2, maka proses pengerjaan dilapangan sempat tertunda, tapi semoga tidak ada kendala untuk kedepannya" ujar Nanang.

Sebelumnya  Kasubbid Pembinaan Administrasi BPMPD, Sartika Dewi, juga membenarkan bahwa dana desa yang bersumber dari APBN untuk tahap ke 2 masih sekitar 40 persen yang hingga kini belum juga cair.

Kondisi itu tidak hanya terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu saja. namun secara keseluruhan juga di daerah lain di seluruh Indonesia.

"Dana Desa bersumber dari APBD masih sisa sekitar 40 persen dan belum juga cair," sebut Tika.

Tika menambahkan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu masih terus mengupayakan agar dana tersebut dapat segera cair.  Agar program percepatan pembangunan di Daerah segera terwujud. (L3Y/Fokusbatulicin.com)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved