Home » » "Raja Pander" Asal Tanbu Ukir Prestasi Di Tingkat Nasional

"Raja Pander" Asal Tanbu Ukir Prestasi Di Tingkat Nasional

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 18 Oktober 2016 | 19.20

Ria Nita Anggreini Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kusan Hilir si "Raja Pander" (raja debat. Dalam bahasa banjar.red) Pelajar Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) kembali mengukir prestasi di tingkat Nasional.

Dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia SMK Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Bangka Belitung tangal 10 sampai 15 Oktober 2016 itu, Ria Nita Anggreini bersama dengan Tim Debat Kalsel berhasil meraih Juara 2 (dua) setelah di final bersama dengan Tim SMK dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Atas prestasi yang dicapainya tersebut, Siswi kelas XII Jurusan Perkantoran SMKN 1 Kusan Hilir pun mengucapkan rasa syukur karena kerja keras dan semangatnya hingga mampu bersaing dengan pelajar lainnya di seluruh Indonesia.

Adapun lomba Debat Bahasa  tahun 2016 dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tuan rumah Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 10 sampai 15 Oktober 2016. Selain Lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat Nasional untuk pelajar SMK, juga dilombakan Debat Bahasa Asing.

Ada enam bahasa asing yang dilombakan yakni Bahasa Jepang, Mandarin, Inggris, Korea, Prancis, dan Jerman. Sedangkan peserta terdiri dari jagoan bahasa di 33 Provinsi di Indonesia.

Ria Nita Anggreini merupakan putri dari pasangan Muhammad Helmi dan Nurul Hikmah dari Desa Pagaruyung Kecamatan Kusan Hilir. Berbagai prestasi  di ukirnya ditingkat Provinsi Kalimantan Selatan yakni penghargaan terbaik 1 Kategori Pembicara dua di Kalimantan Selatan.

Perjuangan ria tidak sia-sia untuk dapat membanggakan orang tua yang telah bersusah payah menyekolahkannya. Meski pekerjaan ayahnya tukang ojek, ria membuktikan bahwa dengan sungguh-sungguh dan bekerja keras dirinya telah berhasil mengukir prestasi hingga ketingkat Nasional. Dan nama Provinsi Kalimantan Selatan pun makin di kenal di tingkat Nasional.

Sementara itu, Fauzi Rohmah, Guru Bahasa Indonesia SMKN 1 Kusan Hilir sekaligus Pembimbing dari Ria  Nita Anggreini mengucapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi bertaraf nasional yang di raih pelajar Tanah Bumbu khususnya SMKN 1 Kusan Hilir.

Dengan prestasi yang di ukir di tingkat Nasional tersebut tentunya diharapkan kedepannya ada siswa-siswi SMPN 1 Kusan Hilir yang juga mampu berprestasi di tingkat Nasional.

"Adanya prestasi ini tentunya menjadi sebuah tantangan, setidaknya untuk mempertahankan prestasi tersebut kedepannya," ujar Fauzi Rohmah.
Adapun Lomba Debat Bahasa Indonesia berbentuk Tim. Satu Timnya terdiri dari tiga orang yakni pelajar Kabupaten Tanah Bumbu, Pelajar Tanah Laut, dan Pelajar dari Kabupaten Balangan.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Tanbu, Sartono melalui Kepala Bidang Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan, Abdul Jabir mengucapkan selamat kepada Ria Nita Anggreini Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kusan Hilir yang mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dan meraih juara di tingkat Nasional.
Abdul Jabir mengatakan, sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada siswa dan siswi berprestasi maka pemerintah daerah akan memberikan reward berupa beasiswa maupun reward lainnya. (Fokus)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved