Home » » Sampah Tanggung Jawab Semua

Sampah Tanggung Jawab Semua

Written By Fokus Batulicin on Senin, 31 Oktober 2016 | 19.17

Bercermin dari beberapa daerah lain proses penanganan sampah dihadapkan pada persoalan proses pembuangan akhirnya. Ini diakibatkan adanya keterbatasan lahan tempat pembuangan  akhir (TPA) yang dimiliki dari daerah tersebut.

"Kita tidak ingin seperti daerah lain yang penanganan persampahannya relatif  rumit,  bahkan  pembuangan akhirnya  di beberapa daerah itu justru masuk ke wilayah daerah  tetangga," Kata  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu  Drs. Said Akhmad saat membuka Workhsop Daerah Dalam Rangka Finalisasi Penyusunan Raperda Bidang Persampahan di ruang rapat Setda belum lama tadi.

Menurutnya, persoalan   ini jauh berbeda dengan wilayah Kabupaten Tanah Bumbu sendiri. Daerah ini merupakan Kabupaten Baru tentunya masih memiliki beberapa lahan luas yang disiapkan untuk perencaan terkait perluasan TPA kedepannya.

"Mulai sekarang harus dipikirkan, kerena kita punya kesempatan untuk merencanakan penataan itu, namun dengan ketersediaan lahan yang masih luas itu diperlukan perencanaan yang lebih matang sejak dini sehingga  tidak menjadi masalah di kemudian hari," pinta Sekda.

Dia menambahkan. Untuk perencanaan masalah persampahan,  setidaknya TPA harus jauh dari pemukiman. Sementara dengan ketersediaan lahan itu diperlukan kajian mendalam dari pihak Dinas terkait agar perluasan TPA kedepannya tidak memberi dampak buruk bagi masyarakat sekitarnya.

"Hal terpenting  perencanaan lebih diarahkan pada proses daur ulang, dan bagaimana kita merencanakan  daur ulang sampah  secara tekhnologi   hingga bisa menjadi pupuk serta  memberi nilai ekonomis  dan bermanfaat bagi sektor pertanian," terangnya.

Tak hanya itu, berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan wilayah yang bersih dari sampah yang berdampak bagi masyarakat dan lingkungan.
Untuk itu, Sekda turut mengintruksikan kepada seluruh Camat agar turut bertanggung jawab  terhadap penanganan sampah di wilayahnya masing-masing.

Dia menyatakan, dalam penugasannya   Camat adalah koordinator penanganan sampai di wilayahnya meskipun  secara tekhnis adalah Dinas terkait yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah tersebut

Alasannya, penanganan persampahan  tidak sertamerta menjadi tanggung jawab pihak Dinas tekhnis terkait.  Sementara  Dinas tekhnis  bersangkutan memiliki keterbatasan dalam penanganan itu.

"Diharapkan dengan dilibatkannya Camat itu mempermudah dinas tehknis terkait dalam  penanganan sampah di wilayah Kecamatan masing-masing "tutup Said.(Humas)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved