Home » » Tim Kesehatan Lakukan Screening Sebelum Pengobatan Massal Filariasis

Tim Kesehatan Lakukan Screening Sebelum Pengobatan Massal Filariasis

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 06 Oktober 2016 | 11.14

BATULICIN -Berbagai upaya  Pemerintah Daerah untuk mensukseskan  pencegahan dan  pengobatan  massal  penyakit kaki gajah (Filariasis) yang akan di gelar 10 Oktober mendatang diawali dengan penyaringan  (Screening) penyakit ke berbagai Kecamatan maupun Desa  sebelum dilakukannya  kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu H. Damrah melalui Kasi Pelayanan Masyarakat dr. Dicky  mengatakan. Screening itu bertujuan  mengidentifikasi penyakit yang belum tampak melalui suatu tes atau pemeriksaan sebelum warga  mengonsumsi obat pencegahan penyakit berbahaya tersebut.

"Warga yang memiliki riwayat salahsatu penyakit  berat harus dipisahkan dengan warga yang tidak memiliki sama sekali sehingga dalam  pengobatan massal nanti dipastikan aman saat mengonsumsinya,"jelas Dicky.

Dia menambahkan, tidak sembarang warga  mengonsumsi obat pencegahan penyakit berbahaya itu,  bilamana kondisi kesehatan warga belum mengharuskan ikut dalam pengobatan  massal tersebut.

Mengingat  penggunaan obat  itu juga tidak berlaku bagi  anak kurang dari 2 tahun, Ibu hamil, maupun menyusui, kemudian orang sedang sakit berat , kasus kronis filariasis dalam serangan akut hingga pasien yang memiliki  riwayat penyakit  berat terutama pembuluh darah maupun jantung.

"Melalui screening ini diharapkan  mencapai sasaran  yang maksimal hingga dapat di jadikan langkah awal untuk mensukseskan terlaksananya pengobatan massal dalam pencegahan Filariasis di Kabupaten Tanah Bumbu." Jelas dr. Dicki saat melakukan Screening di Kantor Bagian Humas Setda Tanbu Kamis (06/10) kemarin.

Sementara itu kegiatan Screening filariasis tidak hanya merambah ke Desa desa, kegiatan itu turut di lakukan ke berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanah Bumbu.(Humas)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved