Home » » Mardani Siap Produksi Bibit "H.Maming"

Mardani Siap Produksi Bibit "H.Maming"

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 03 November 2016 | 18.40

Bupati Tanah Bumbu Mardani H  Maming sudah menyiapkan bibit sebanyak 1 Ton yang di ambil dari Balai Bibit Benih Padi dengan Sistem Nuklir.  Bibit itu merupakan bibit pilihan terbaik yang kedepannya akan di kelola oleh Petani Kabupaten Tanah Bumbu, dan akan di jual ke pasar Luar Tanah Bumbu dengan merk " H.Maming" (nama ayah Mardani.red).

Dikatakannya, dalam 1 Ton itu dibutuhkan  lahan sekitar 50 Hektar yang dipergunakan untuk arel pembibitan. Setelah pengelolaan bibit itu berhasil, maka bibit yang ada dalam 50 hektar  itu akan dibagikan kepada seluruh petani di berbagai Kecamatan.

"Berhubung kami tidak punya lahan sebanyak itu maka kami butuh kerjasama dengan masyarakat untuk siap menyewakan lahannya, dan hasil dari pembibitan itu akan diberikan kepada  petani secara cuma cuma" Kata Bupati saat memberi sambutan dalam acara Panen Raya di Desa Salimuran Kecamatan Kusan Hilir,  Rabu  (2/10).

Tak hanya Padi, Bupati juga akan meningkatkan taraf kesejahteraan Petani melalui pengembangan Jagung. Menuju kearah itu Pemerintah Daerah akan menyiapkan pupuknya dan sekaligus membeli bibit Jagung tesebut.

Dia berharap, para petani jangan  hanya mengandalkan Padi semata. Namun pada saat kemarau tiba,   lahan itu  bisa dimanfaatkan   untuk di tanami Jagung.

"Untuk  itu, kami sudah menjalin  kerjasama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Tanah laut agar Jagung tersebut bisa di beli kembali oleh kabupaten Tanah Laut," bebernya.

Bupati menambahkan, sesuai dengan Visi dan Misi nya pada saat kampanye, bahwa pada periode ke dua ini dirinya akan mengawal percepatan pembangunan perekonomian melalui pertanian dan perkebunan. Bahkan berbagai upaya untuk  meningkatkan   kesejahteraan Petani telah di lakukan tidak hanya pada peningkatan produksi  Padi saja namun juga pengembangan Jagung hybrida, dan tanaman perkebunan lainnya yang nantinya akan menggunakan sstem tumpang sari pada perkebunan karet dan sawit.

"dengan  pola tumpang sari dari tanaman sawit itu, akan diteliti lagi bahwa tanaman apalagi yang cocok di tanami apakah Talas, Sirih dan tanaman lainnya, Saat ini Pemerintah daerah sudah mendatangkan ahli pertanian lulusan Jepang, dan berencana membuat Varietas baru  dalam pengembangan Talas dan Lengkuas. Dan  hasilnya akan kita kirim ke negara Jepang.  Sehingga hasilnya akan  memberikan dampak kesejahteraan  bagi petani tersebut.,"tutupnya. (Win/Ley)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved