Home » » Pemkab Tanbu Akan Jalin Kerjasama “Sister City” Dengan Jepang

Pemkab Tanbu Akan Jalin Kerjasama “Sister City” Dengan Jepang

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 09 Desember 2016 | 18.02

BATULICIN (Humas Tanah Bumbu) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) akan berencana menjalin kerjasama "Sister City" dengan Jepang guna mempercepat realisasi pembangunan yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD).

"Belum lama tadi kami sudah melakukan kunjungan ke Universitas Darma Persada Jakarta dan menandatangani MoU kerja sama," Ujar Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor, Jumat (9/12).

Pendekatan kerja sama sengaja di lakukan melalui Universitas Darma Persada, Jakarta karena dianggap salah satu perguruan tinggi milik Jepang.

Menyusul adanya MoU yang sudah ditandatangi tersebut, selanjutnya pihak Universitas Darma Persada akan berkunjung  ke Tanah Bumbu guna menindaklanjuti dan menggali sejumlah potensi daerah yang bisa dikerjasamakan dengan Jepang.

Kerja sama tersebut akan dilakukan dengan salah satu kota yang ada di Jepang. Kerja samanya meliputi bidang pemerintahan, pembangunan, pembinaan, pengabdian kepada masyarakat, pendidikan, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sister City merupakan salah satu bentuk kerjasama antara pemerintah daerah yang ada di Indonesia dengan pemerintahan di luar negeri guna menumbuh kembangkan hubungan persahabatan saling menguntungkan antara kedua negara.

Konsepnya pertama kali sudah diterapkan sejumlah negara di Benua Eropa yang seiring perkembangannya muncul pula istilah lain yang sebut dengan Twin City atau Kota Kembar.

Sister city sendiri juga ada di Indonesia. Adapun konsep Sister City di Indonesia lebih menekankan pembangunan bidang ekonomi, pendidikan dan budaya.

Salah satu kota di Indonesia yang sudah menerapkan kerja sama Sister City adalah Kota Bandung. Kerja sama Sister City dilengkapi program kegiatan yang sifatnya tetap dan  terencana. (relhum).

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved