Home » » Ribuan Pelajar dan Pegawai Ikuti Apel Nusantara

Ribuan Pelajar dan Pegawai Ikuti Apel Nusantara

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 02 Desember 2016 | 11.15

BATULICIN – Ribuan Pegawai dari berbagai instansi di lingkungan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengikuti Apel Nusantara Bersatu di Batulicin, Rabu (30/11).

Dengan memakai ikat kepala warna Merah Putih sebagai wujud kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), ribuan peserta tampak hidmat mengikuti apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Tanbu, Mardani H Maming tersebut.

"Apel ini dimaksudkan untuk menciptakan rasa damai sekaligus meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan diantara di masyarakat," kata Mardani H Maming usai melaksanakan Apel Nusantara Bersatu  tersebut.

Dengan nuansa damai yang penuh kesejukan, ribuan masyarakat dari 10 kecamatan se Kabupaten Tanbu juga turut mengikuti apel.

Masyarakat  tiba di lokasi sejak pukul 07.00 wita, kemudian berkumpul di halaman kantor Bupati Tanbu di Jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Batulicin.

Apel Nusantara Bersatu di Tanbu dimulai tepat pukul  08.00 wita. Pelaksanaan apel di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Bagimu Negeri oleh seluruh peserta Apel.

Turut serta menghadiri Apel tersebut antara lain Dandim 1022 Tanbu Letkol CZI Andy Setyawan, Mantan Wakil Bupati Tanbu H Difriadi Darjat, Sekda Tanbu, H Said Akhmad, pengurus organisasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tanbu, Organisasi pemuda dan masyarakat, para tokoh agama, tokoh adat, seluruh jajaran TNI/Polri, dan Pelajar.

Acara apel dilanjutkan dengan orasi kebangsaan oleh tokoh masyarakat yang disampaikan Ketua KNPI Tanbu, Syamsinar dengan materi orasi "Upaya Mewujudkan Kedamaian".

Sedangkan orasi kebangsaan disampaikan oleh tokoh agama, H. Suhuful Amri dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanbu dengan materi "Menghindari Kekerasan Yang Dapat Merusak Persatuan dan Kesatuan Bangsa".

Tidak ketinggalan pula, Bupati Tanbu Mardani H Maming ikut serta menyampaikan orasi kebangsaan dengan materi 4 Pilar / Konsensus Dasar Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika.

Acara ditutup dengan pembacaan puisi dari Budayawan Tanbu Drs. Abdul Karim, MM dan doa bersama dari empat tokoh agama yaitu Tokoh Agama Islam, Tokoh Agama Nasrani, Tokoh Agama Katholik, dan Tokoh Agama Hindu.

Dandim 1022 Tanbu, Letkol CZI Andy Setyawan mengatakan Gerakan Nusantara Bersatu merupakan kegiatan serentak yang dilaksanakan diseluruh Kabupaten dan Provinsi di Indonesia dengan tema " Nusantara Bersatu, Indonesia ku, Indonesia mu, Indonesia kita bersama, Bhineka Tunggal Ika".

Tujuannya untuk mengajak seluruh anak bangsa dan seluruh komponen di Tanbu untuk bersama-sama bersatu menjaga NKRI.

"Melalui  kegiatan ini pula, ingin ditanamkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme pada semua komponen bangsa di Tanbu untuk bersama-sama bertekad menjaga keutuhan NKRI yang kita cintai," sebut Dandim 1022 Tanbu. (relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved