Home » » SARDANGAN Terang Benderang

SARDANGAN Terang Benderang

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 16 Desember 2016 | 20.52

***Wabup Resmikan Jaringan Listrik PLN Desa Serdangan***

BATULICIN-Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor Kamis (15/12) kemarin meresmikan jaringan Listrik PLN  di Desa Serdangan Kecamatan Kusan Hilir.

Hadir dalam peresmian tersebut  Manager Niaga wilayah PLN    Kalselteng  Muhammad Aris berserta rombongan.  Para tokoh masyarakat setempat serta jajaran Muspika Kecamatan Kusan Hilir.

Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita sekaligus pembukaan gardu jaringan listrik di desa , sebagai tanda bahwa desanya  sudah bisa menikmati aliran listrik dari PLN,  hingga lepas dari keterbatasan sarana penerang pemukiman maupun jalan.

Tak hanya aliran listrik yang dinikmati warga setempat,  selain itu juga warga turut  mendapatkan pemasangan PLN gratis maupun keperluan penerangan lampu PLN. Hal ini merupakan  inisiasi Bupati Tanah Bumbu  Mardani H Maming serta adanya  program CRS dari perusahaan Batuliicin Bina Usaha (BBU).

Dikesempatan itu H. sudian Noor mengatakan. Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengucapkan apresiasi  yang terhingga kepada PT. PLN Persero wilayah Kalselteng atas kerjasamanya dalam mewujudkan pelayanan terhadap masyarakat akan kebutuhan listrik terhadap warga.

Menurutnya, pemenuhan pelayanan kelistrikan merupakan kebutuhan  dasar masyarakat. Bahkan dari hari kehari permintaan itu kian meningkat, sehingga pemerintah perlu memikirkan akan kelistrikan tersebut.

"Sebagaimana kita ketahui  upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah harus di dukung oleh sarana prasarana klistrikan, tanpa itu pergerakan ekonomi di berbagai lini akan terhambat bila tidak adanya  jaringan listrik di berbagai wilayah," tandas Sudian.

Disamping itu pula ungkapnya, hingga saat ini pemerintah daerah akan terus mengupayakan ketersediaan pusat pembangkit listrik, agar seluruh kebutuhan listriknya bisa tersebar ke berbagai Desa maupun Kecamatan.

"Diharapkan keberadaan listrik desa akan memberikan prekonomian warga terutama bagi masyarakat  yang  tinggal di pedesaan, sehingga  mereka akan dapat meningkatkan taraf hidupnya melalui berbagai peralatan yang memerlukan tenaga listrik dari PLN,"tuturnya.
 
Sebelumnya warga Desa Serdangan Kecamatan Kusan Hilir hanya menggunakan Genset agar bisa menerangi rumahnya. Kini Desa  yang hanya dihuni 168 Kepala Keluarga dengan 528 jiwa tersebut sudah bisa menikmati aliran listrik dari PT PLN yang ditandai dengan peresmian oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudin Noor Kamis (15/12) kemarin.

 Desa Serdangan yang dipimpin Andi Tanra Fitriadi begitu terharu dan sempat meneteskan airmatanya pada saat memberikan sambutan dalam acara peresmian jaringan listrik PLN."Desa ini sudah 69 tahun tanpa jaringan listrik, maka pada hari ini merupakan hari bersejarah  bagi desa kami yang sudah lepas dari keterbatasan dari alat penerang melalui swadaya warga kami," Kata Andi di sertai tangisan sedu ditengah tengah undangan yang hadir.

Katanya lagi, selama 69 tahun itu, warga disini hanya menggunakan penerangan pelita kemudian meningkat menjadi Genset yang serba terbatas .

"Alhamdullilah berkat perjuangan warga disini serta  perhatian PT PLN Persero maupun  pemerintah daerah yang di inisiasi oleh bapak Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, desa kami akan menikmati penerangan selama 24 jam,"ucapnya.

Namun Andi Tanra sendiri menyadari, bahwa sebelumnya desa itu  memiliki keterbatasan akses yang tidak memungkinkan secara cepat untuk penyediaan sarana penunjang  kelistrikan tersebut.

"Dulunya Desa ini  terkesan  terisolir dari akses kota , warga kami hanya menggunakan perahu menuju pusat kota, meskipun masih terbatas,  sekarang ini warga sudah bisa melewati akses jalan darat setelah pemerintah daerah memberikan bantuan untuk pembukaan akses  maupun  pengembangan infrasturuktur   desa,"terangnya.

Menanggapi hal itu, General Manager PT PLN Persero elalui  Manager Niaga  wilayah PLN    Kalselteng  Muhammad Aris mengatakan.  Setiap Desa  berhak untuk mendapatkan fasilitas listrik sesuai dengan urutan prioritasnya.

Dikatakannya tidak ada desa yang tidak tersentuh program listrik. Sementara melihat dari prioritas dan urutan pembangunan listrik desa ini  juga lebih mempertimbangkan dari akes jalan, kemudian jumlh kepala keluarga disebuah desa, serta kemampuan membuat  tekhnis jaringan listrik maupun ketersediaan anggaran yang ada di PT PLN.

Alhamdullah, saat ini kami sudah bisa  mewujudkan hal itu, yakni dengan membangun infrastruktur kelistrikan di Desa Serdangan ini dengan jaringan tegangan menengah sepanjang 11, 6  kilo meter silfuit, kemudian jaringan tegangan jaringan rendah sepanjang 2,5 kilometer  silfuit. Dan ada dua bauh trapu yang berkafasitas 100 KFA dengan total daya 150 fout Amper,"kata Aris saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Lanjutanya, pada tahap pertama PLN akan menyalakan listrik untuk 120 kepala keluarga di desa ini, tentunya tidak hanya berhenti sampai diini saja, kerena dengan telah tersedianya infrastruk jaringan ini, maka potensi penambahan pelanggan akan terus bertambah seiring dibukanya permohonan sambungan baru oleh PLN sejak bulan juli 2016  lalu.

"Tugas  selanjutnya, kita   terus memperkuat sinergi mupun kerjasama untuk menjaga listrik agar tetap terus menyala, untuk itu kami minta bantuan kepada seluruh komponen masyarakat  agar dapat menjaga keamanan aset klistrikan. Kerena terjadinya gangguan  terhadap aset adalah hambatan terhadap pertumbuhan masyarakat di suatu daerah,"pintanya.(Rel Hum)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved