Home » » Puluhan Kades Ikut Pembekalan

Puluhan Kades Ikut Pembekalan

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 10 Januari 2017 | 10.15

BATULICIN (Kominfo Tanbu) – Dalam rangka meningkatkan pembangunan dan pemerataan pembangunan di wilayah pedesaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) Pembekalan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) bagi Kepala Desa dilaksanakan Senin (9/1) bertempat di Kantor Dinas BPMD Tanbu, Gunung Tinggi, Batulicin.

Rakoor Pembekalan Bagi Kepala Desa yang dibuka oleh Asisten  Bidang Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu, H. Muhammad Idjra'i tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan bagi kepala desa terkait tentang pengelolaan keuangan desa.
Rakoor dilaksanakan satu hari dengan materi tentang UU Desa tahun 2014, Program 1M1D, dan Pengelolaan Keuangan Desa, serta Penyusunan RPJMDes. Sedangkan Narasumber yaitu Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa pada BPMD Tanbu Ayatollah Chotim dan Alfian dari Bappeda Tanbu.

Kepala BPMPD Tanbu, H. Suwignyo melalui Kepala Bidang  Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Ayatollah Chotim,  mengatakan Rakoor penyusunan RPJMDes tersebut di ikuti oleh Kepala Desa yang baru dilantik dan terpilih pada saat Pilkades serentak tahun 2016 yang lalu.

"Pemberian pembekalan kepada Kepala Desa yang baru dilantik sangat penting untuk di laksanakan agar para kades tersebut  mengetahui tentang perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa sehingga pembangunan di desa dapat berjalan sesuai dengan harapan dan berdasarkan pada aspirasi masyarakat desa dan visi misi kepala desa yang bersinergi dengan visi misi Bupati Tanah Bumbu," kata Ayatollah.

Asisten Bidang Pemerintahan Tanbu, H. Muhammad Idjrai, menyambut baik dengan dilaksanakanya Rakoor Penyusunan RPJMDes  yang dilaksanakan oleh BPMD Tanah Bumbu dalam rangka meningkatkan wawasan para Kepala Desa yang baru dilantik.

Diharapkannya, melalui rakoor ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kepala desa dan memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah khususnya masyarakat di wilayah perdesaan.
Sementara itu, Dalam beberapa kesempatan, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengingatkan agar Kepala Desa lebih aspiratif, memiliki kreatifitas, inovatif, dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing.
Agar pembangunan dapat berjalan dengan baik dan berdasarkan aspirasi masyarakat, maka perencanaan pembangunan hendaknya selalu dibicarakan bersama para tokoh-tokoh masyarakat dan para alim ulama.

"Sebab Pada tahun 2017, prioritas pembangunan akan lebih di fokuskan pada pembangunan wilayah pedesaan," ujarnya. (rel/MC.Tanbu/DiskominfoTanbu)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved