Home » » Satgas Saber Pungli Dikukuhkan

Satgas Saber Pungli Dikukuhkan

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 11 Januari 2017 | 20.00

BATULICIN– Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam beberapa kesempatan dihadapan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) mengingatkan agar jangan sampai terjadi Pungutan Liar (Pungli) di seluruh instansi pemerintah daerah Tanbu.

Dikatakan Mardani, Pungli merupakan pembebanan kepada masyarakat, hal itu tidak sesuai dengan prinsip pemerintahan yang bersih dan pemerintahan yang baik dan berpihak kepada masyarakat.
"Saya ingin masyarakat benar-benar terlayani dengan baik, khususnya di Tanah Bumbu. Utamanya dalam hal pelayanan jangan sampai ada pungli," tegas Mardani

Untuk itu, sebut Mardani, Pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Tanbu untuk tidak melakukan praktek pungli. Disisi lain, Kepala SKPD juga harus melakukan pengawasan terhadap pegawainya utamanya pada sektor pelayanan masyarakat.
Menurut Mardani, dirinya tidak akan segan-segan untuk mencopot jabatan Kepala SKPD yang ditemukan melakukan pungli di Tanah Bumbu. Begitu pula pada pegawai yang bertugas pada pelayanan.

Mardani juga mengajak kepada masyarakat untuk terlibat dan berkontribusi nyata mendukung pemberantasan pungli di Tanah Bumbu dengan ikut melaporkan kepada Satgas Saber Pungli jika menemukan Pungli di Tanah Bumbu.


Terkait pembentukan Satgas Saber Pungli, telah resmi di kukuhkan oleh Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor, Rabu (11/1) di Ruang Rapat Kantor Bupati Tanbu, Batulicin.

Pengukuhan Satgas Saber Pungli Tanbu berdasarkan pada Surat Keputusan Bupati Tanbu Nomor : 188.46/2/KUM/2017 Tentang Pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.


Dibentuknya Satgas Saber Pungli Tanbu seiring dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli dalam upaya pemberantasan pungutan liar.

Adapun tugas Satgas Saber Pungli Tanbu yaitu melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan  efesien di Kabupaten Tanah Bumbu dengan menyelenggarakan fungsi intelejen, pencegahan, penindakan, dan yustisi.


Terkait terbentuknya Satgas Saber Pungli di Tanah Bumbu, Wakil Bupati Tanbu, H. Sudian Noor, dalam sambutannya mengapresiasi sekaligus mengucapkan selamat dengan dikukuhkannya Satgas Saber Pungli tahun 2017.


Disebutkan Wabup, pembentukan Satgas Saber Pungli merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan zona integritas menuju daerah bebas korupsi dan menghilangkan berbagai bentuk praktik sejenisnya.

"Pembentukan ini juga merupakan keseriusan pemerintah daerah dalam rangka mendukung program Presiden Joko Widodo dalam melaksanakan reformasi hukum terutama terhadap pengawasan petugas dalam bekerja," Kata Wabup sebagaimana keinginan Bupati Tanbu Mardani H Maming dalam Visi Misinya untuk menjadikan Pemerintahan Tanah Bumbu yang Bersih dan Baik.
Setelah dikukuhkannya Satgas Saber Pungli Tanbu untuk segera melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan. 

Sehingga nantinya tidak hanya prinsip pemerintahan yang baik dan bersih yang benar-benar terwujud akan tetapi juga mendorong komitmen dalam memberantas pungli hingga keakar-akarnya dan menjadi budaya baru di daerah ini yaitu budaya anti pungli.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Tanbu, Wakapolres Tanbu, Kompol Noorhayat, SIK, mengatakan, setelah dikukuhkannya Satgas Saber Pungli Tanbu, langkah awal yang akan dilakukan yaitu dengan menyusun rencana kerja dan sosialisasi.


"Sosialisasi tentunya akan kita sampaikan kepada seluruh instansi yang menjadi sasaran saber pungli dan masyarakat," sebut Noorhayat.

Dikatakan Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli, adapun yang menjadi sasaran Satgas Saber Pungli tidak hanya pada instansi pemerintah saja tetapi seluruhnya terutama di pos-pos pelayanan yang ada di kementerian, lembaga, dan pemerintahan daerah.

Terkait nomor kontak pengaduan masyarakat, menurut Noorhayat, sementara ini masih tahap penyusunan. Namun secara nasional nomor pengaduan masyarakat sudah ada dan bisa di lihat di websitenya Satgas Saber Pungli.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Tanah Bumbu, Susunan Keanggotaan Satgas Saber Pungli Tanbu yaitu ; Penanggung Jawab adalah Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, Wakil Penanggung Jawab 1 adalah Kapolres Tanbu, Wakil Penanggung Jawab 2 adalah Kejari Tanbu, Ketua Pelaksana adalah Wakapolres Tanbu, Wakil Ketua Pelaksana 1 adalah Wakil Bupati Tanbu, Wakil Ketua Pelaksana 2 adalah Inspektur Inspektorat Tanbu, dan Wakil Ketua Pelaksana 3 yaitu Kasi Datun Kejari Tanbu. (rel)

.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved