Home » » Dinkes Lakukan Diteksi Dini Kanker Leher Rahim Melalui Metode IVA

Dinkes Lakukan Diteksi Dini Kanker Leher Rahim Melalui Metode IVA

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 05 April 2017 | 17.25

BATULICIN-Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu lakukan pemeriksaan Gratis pencegahan diteksi dini Kanker leher rahim melalui Metode IVA (Infeksi Visual dengan Asam Asetat).

Ratusan ASN dan PTT  SOPD Kab. Tanbu yang turut melakukan pemeriksaan Gratis khusus wanita itu digelar  diruang rapat Setda lingkup perkantoran Bupati Tanbu Selasa (04/04). 

Kepala Dinkes Kab.Tanbu H.Damrah melalui KASI Pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa (P2PTM dan Keswa) Dr. Dicky mengatakan.  Pemeriksaan melalui metode IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin 

Menurutnya, dengan metode  tersebut pemeriksaan  dapat melihat langsung leher rahim  dengan jelas setelah meneteskan larutan Asam Asetat itu.

"Disamping itu , Metode IVA pemeriksaannya   lebih murah punya akurasi dan ketepatan dalam diteksi dini kanker rahim,"kata Dicky disela sela acara tesebut.

Sebagai upaya  dasar untuk mencegah munculnya penyakit itu,  dia menganjurkan agar  para ibu turut  memperhatikan  kebersihan organ vitalnya. Di samping itu, tiidak melakukan ganti  pasangan serta  membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PhBs ).

"Melalui itu pula  penyampaian informasi ke masyarakat tentang pencegahan  penyakit itu akan lebih penting demi  penurunan angka kematian dan rasa sakit akibat penyakit tersebut," tutupnya. (WIN)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved