Home » » Petani Tanbu Gelar Syukuran Panen Padi

Petani Tanbu Gelar Syukuran Panen Padi

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 27 April 2017 | 18.09

BATULICIN – Para Petani di Kabupaten Tanah Bumbu khususnya Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir menggelar syukuran panen padi sawah, Rabu (26/4) pagi.

Syukuran panen padi sawah ditandai dengan pemotongan padi  secara simbolis oleh Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu H. Setia Budi bersama jajarannya, Kepala Desa Saring Sungai Bubu, Muspika Kecamatan Kusan Hilir, dan masyarakat setempat.

Panen yang dilaksanakan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab para petani menggunakan alat mesin pertanian modern yaitu mesin combine atau mesin panen.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Saring Sungai Bubu, Makmur mengatakan panen kali ini cukup berhasil, hal itu dilihat dari hasil pertanian para petani yang rata-rata sebanyak 7 s/d 8 ton perhektarnya.

Namun untuk lebih memaksimalkan hasil pertanian, makmur mengharapkan agar pemerintah daerah dapat membangun irigasi untuk mengairi sawah petani. Karena menurutnya, selama ini para petani hanya mengandalkan air hujan sebagai pengairan.

Ditempat yang sama Slamet Makmur,  salah satu petani mengungkapkan harapannya kepada pemerintah agar turut memperhatikan keluhan para petani, seperti serangan hama tikus.

Menanggapi hal itu, Kadis Pertanian mengatakan pemerintah daerah tahun 2016 sudah membangun jaringan irigasi di Desa Saring Sungai Bubu, namun hal itu belum maksimal karena terkendala pipanisasi, dan tahun 2017 pihaknya akan melakukan pipanisasi tersebut ditambah dengan pembuatan embung air untuk masyarakat.(rel/MC.Tanbu)
 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved