Home » » Pasar Kertabuana Diresmikan

Pasar Kertabuana Diresmikan

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 23 Mei 2017 | 04.46

BATULICIN –  Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming yang diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, dan Usaha Mikro Kabupaten Tanah Bumbu Drs. Suhartoyo, M.Pd meresmikan Pasar Tradisional Desa Kerta Buwana, Kamis (18/5) di Desa Kerta Buwana Kecamatan Sungai Loban.

Pasar Tradisional Desa Kerta Buwana dikelola oleh KUD Tutwuri Handayani Kecamatan Sungai Loban dibangun dengan sumberdana APBN Kementerian Koperasi dan UKM sebesar Rp. 900 Juta.

Kepala Dinas Nakertrans Koperasi dan UKM Tanbu, Drs. Suhartoyo, M.Pd menyambut baik dengan terbangunnya pasar tradisional di Desa Kerta Buwana dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
"Pasar ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di perdesaan," ujarnya, seraya mengatakan dengan adanya pasar tradisional ini pula dapat memudahkan masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari.

Pengelola Koperasi Tutwuri Handayani, I Gede Natih mengatakan pasar tradisional memiliki kios sebanyak 16 kios dan 32 los. Sedangkan untuk kios hanya untuk anggota KUD.
Selain menggunakan dana APBN, Pembangunan Pasar Tradisional juga bersumber dari dana Koperasi sebesar Rp. 116 Juta yang digunakan untuk pembangunan kelengkapan pasar seperti pos jaga, pengerasan jalan, sumur, menara air, dan pemasangan listrik.

Melihat animo masyarakat yang tinggi untuk berjualan, maka pihak koperasi kemudian membangun kembali sebanyak 16 los baru yang dananya bersumber dari swadaya koperasi sebasar Rp. 41 Juta.

Kepala Desa Kerta Buwana, Gusti Kade Arsana berharap pasar desa memberikan manfaat kepada masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-sehari sekaligus pula membuka jenis lapangan kerja baru di Desa Kerta Buwana. (Rel/MC.Tanbu)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved