Home » » HUT RI 72, Presiden RI Mengenakan Baju Adat Tanah Bumbu

HUT RI 72, Presiden RI Mengenakan Baju Adat Tanah Bumbu

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 17 Agustus 2017 | 11.52

Jakarta, Dibandingkan dengan perayaan sebelumnya, Presiden Joko Widodo saat menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Republik Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/8/2017).

Jika Tahun sebelumnya, Presiden Jokowi mengenakan setelan jas berwarna hitam, namun tahun ini Jokowi memakai busana adat dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan yang secara langsung di kirimkan oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming.

Busana yang dipakai yaitu kain yang dirangkai di atas kepalanya disebut Laung, beskap berwarna hitam dan kain sabuk hitam yang melekat di bagian perutnya, membebat Sarung Tenun Pagatan dibagian pahanya.

Sementara, Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan busana adat Minang, Sumater Barat yang berwarna merah

Keduanya turun dari panggung utama menuju panggung para tamu undangan yang ada di sisi kanan, tengah dan kiri dari panggung utama.

Jokowi mengungkapkan alasan mengapa perayaan tahun ini mengenakan busana adat yaitu untuk menunjukkan budaya Indonesia yang sangat beragam.

"Jadi ini (terlihat) warna warni dan sangat beragam," kata Jokowi.

Sementara Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming usai menghadiri Upacara dihalaman Kantor Bupati Gunung Tinggi, kepada wartawan mengatakan Sebagai Bupati teekhusus mewakili Masyarakat Tanah Bumbu dirinya berterimakasih kepada Bapak Presiden yang telah menjatuhkan pilihannya untuk mengenakan Pakaian Khas Tanah Bumbu pada peringatan HUT Proklamasi RI yang ke 72 kali ini.

"Saya Bangga, dan sebagai masyarakat Tanah Bumbu kita Patut Berbagga, dimana saat saat sakral dan penting seperti ini Pak Jokowi mengenakan Pakaian Tradisional Tanah Bumbu, dan yang lebih istimewa lagi baju itu dijahit langsung dari sini, untuk mengenakan pakaian tersebut kami juga mengirimkan kandidat secara khusus untuk memasang segala aksesorisnya" Ujar Mardani di Tanah Bumbu.

Adapun Kandidat yang mendapat mandat tersebut adalah Wahono yang kesehariannya bertugas sebagai Camat Angsana di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Begitu Tiba di Jakarta, Wahono berkesempatan bermalam di istana negara agar pagi 17 Agustus bisa mengenakan langsung pakaian tersebut kepada Presiden. (L3Y)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved