Home » » Wisatawan Meningkat 2017

Wisatawan Meningkat 2017

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 15 Agustus 2017 | 14.50

BATULICIN – Pendapatan daerah di sektor pariwisata pada tahun 2017 di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) mengalami peningkatan. Hal tersebut disebabkan banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Bumi Bersujud.

Meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung berdasarkan catatan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu pada tahun 2017 berjumlah 101.855 orang lebih besar dari pada tahun 2016 yang hanya sebanyak 99.310 orang. Melonjaknya wisatawan terjadi pada hari libur, karena pada saat itu terdapat berbagai event daerah yang mampu menarik jumlah wisatawan yang sangat besar.

Jumlah kunjungan wisata yang tercatat tersebut berdasarkan pada retribusi biaya masuk yang dikelola. Sedangkan yang belum terkelola seperti kunjungan wisatawan pada saat event budaya Mappanretasi dan kunjungan wisata pantai Cemara Indah serta Batu Buaya diperkirakan sebanyak puluhan ribu pengunjung.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri, melalui Kepala Bidang Pariwisata, Samsir, menyebutkan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan seiring dengan semakin membaiknya sejumlah fasilitas umum yang ada dikawasan wisata.

"Pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan oleh pemerintah daerah berdampak pula dengan melonjaknya jumlah kunjungan wisatawan," sebut Samsir, di Batulicin.

Pembangunan infrastruktur ini menjadi perhatian serius pemerintah daerah khususnya infrastruktur fasilitas umum dan infrastuktur jalan menuju destinasi wisata. Kedepannya, pemerintah daerah kembali menganggarkan dana yang diprediksi sebesar Rp. 74 Milyar untuk peningkatan pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas umum. Dana tersebut teranggarkan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu.

"Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata sudah menginventarisir objek wisata yang perlu ditingkatkan pembangunanya pada tahun-tahun mendatang. Sedikitnya ada 7 (Tujuh) objek wisata yaitu Objek Wisata Batu Buaya, Pantai Angsana, Pantai Cemara Indah, Pantai Rindu Alam, Pantai Madani, Goa Liang Bangkai, dan Air Terjun Bukit Baru," ucapnya.

Dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Tanah Bumbu, pemerintah daerah juga mengusulkan bantuan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berupa Kapal Wisata yang nantinya akan ditempatkan di Pantai Batu Buaya dan Pantai Angsana. Kemudian juga adanya penambahan lampu hias di Goa Liang Bangkai.

Selain infrastruktur yang terus dibenahi, berbagai event yang dilaksanakan juga menjadi daya tarik wisatawan berkunjung. Berbagai hiburan rakyat seperti mendatangkan artis ibukota, festival musik, dan pertunjukan seni sering digelar. Bahkan kedepannya event-event hiburan rakyat rencananya digelar dua minggu sekali dengan membuka peluang bagi pihak ketiga untuk menjadi sponsor event hiburan rakyat tersebut.

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ini tentunya berdampak pula pada meningkatnya pendapatan daerah sektor pariwisata melalui retribusi biaya masuk. Pada tahun 2017, realisasi pendapatan daerah hingga 31 juli 2017 sebesar Rp. 305.565.000. Realisasi pendapatan tersebut meningkat dibandingkan tahun 2016 yang hanya sebesar Rp. 297.930.000.

"Dilihat dari pendapatan yang diperoleh hingga bulan Juli 2017, maka Pendapatan daerah diprediksi akan terus meningkat dan melebihi dari target yang ditentukan," ujarnya.

Potensi pendapatan daerah sektor pariwisata ini terus dimaksimalkan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu melalui retribusi biaya masuk diobjek-objek wisata baru seperti objek wisata batu buaya, objek wisata cemara indah pulau salak, dan objek wisata pantai madani.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam beberapa kesempatan mengatakan pembangunan sektor pariwisata menjadi perhatian serius pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Mardani mengatakan ada dua prioritas pembangunan pada tahun 2017 ini yaitu pembangunan pertanian dan pariwisata. Khusus pada sektor pariwisata, Bupati Mardani H Maming ingin mengadopsi keberhasilan Banyuwangi dalam hal mengelola sektor Pariwisata hingga bertaraf Nasional dan bahkan Internasional. (Rel/MC.Tanbu)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved