Home » » Pentingnya Pendidikan Karakter Antisipasi Perubahan

Pentingnya Pendidikan Karakter Antisipasi Perubahan

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 16 September 2017 | 10.05

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengatakan bahwa saat ini anak-anak muda yang merupakan generasi milenial, akan mempengaruhi pasar, lanskap ekonomi, dan lanskap politik global pada 5-10 tahun mendatang. Mereka adalah generasi yang memanfaatkan gawai untuk memperoleh informasi. 

Oleh sebab itu, Presiden mengingatkan pentingnya pendidikan karakter agar dapat mengantisipasi infiltrasi budaya melalui gawai yang tidak dapat dikontrol oleh siapapun itu.

"Infiltrasi budaya itu masuk tanpa kita bisa _screening_ dengan baik, satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah memperkuat harapan anak-anak kita dengan menanamkan nilai-nilai agama, nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai budaya kita. Jangan sampai tergerus oleh budaya-budaya asing, inilah tugas kita bersama," kata Presiden.

Presiden juga mengingatkan bahwa persaingan antar negara di era globalisasi seperti sekarang ini tidak dapat kita hindari. Untuk itu ia mengatakan bahwa pemerintah menaruh perhatian terhadap pembangunan infrastruktur yang merupakan sebuah fondasi pembangunan nasional.

"Itu _basic_, fondasi, orang ngomong apapun ini _basic_, Amerika juga pertama yang dibangun infrastruktur, Tiongkok juga, baru berikutnya pembangunan sumber daya manusia," kata Presiden.

Terkait sumber daya manusia, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah tengah membuka rekrutmen PNS dalam jumlah besar. 

"Kalau mau daftar cepat, daftar baik di Kementerian Keuangan banyak sekali, Kementerian Hukum banyak sekali, Kementerian yang lain juga banyak sekali. Juga di bumn, info kemarin ada 17 ribu lowongan pekerjaan di BUMN yang bisa dimasuki anak-anak kita," pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Presiden, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasih Ahmad Khairuddin.

Banjarmasin, 15 September 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat [truncated by WhatsApp]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved