Home » » Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Kalsel Di Kab.Tanah Bumbu

Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Kalsel Di Kab.Tanah Bumbu

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 31 Oktober 2017 | 09.07

BATULICIN--Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Propinsi Kalimantan Selatan  tahun 2017 telah berjalan. Penilaian mengarah  pada sejumlah  sekolah  berbagai tingkatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Dalam perlombaan ini nantinya akan dipilih pemenang yang benar-benar menerapkan hidup sehat di sekolahnya.

Kamis (17/10/2017) tim penilai Propinsi Kalsel   menilai  sejumlah sekolah tersebut , dan  nantinya akan menjadi perwakilan Kab.Tanah Bumbu  untuk maju ke LSS tingkat Propinsi.

Adapun sekolah yang di nilai diantaranya, SMPN 2 Kecamatan  Satui, SDN 1 Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban, TK Tunas Harapan Kecamatan Barang Bintang serta SMA  Negeri 1 Kecamatan Simpang Empat.

Ketua Tim Penilai H. Aini mengatakan. Dalam penilaian itu, tim akan menilai Trias UKS  meliputi kantin sehat, jamban saniter sesuai dengan rasio jumlah peserta didik, penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun, penyediaan dan pengelolaan sampah, penyediaan sarana air bersih.

Selain itu penilaian lebih mengarah pada   kebersihan dan kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan bagi ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, ruang ibadah.

Lanjutnya,  penilain juga mencakup pengetahuan dan sikap Peserta didik, meliputi pengetahuan dan sikap tentang UKS, PHBS, kesehatan reproduksi, imunisasi, penyakit menular dan tidak menular, pemberantasan sarang nyamuk, gizi seimbang, penghindaran kekerasan dan lainnya.

"Sekolah sehat di sini bukan hanya kesehatan fisik, namun juga hubungan siswa dengan lingkungan, serta hubungan siswa dengan gurunya," ujarnya disela sela penilaian tersebut.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMA Negeri  1 Kecamatan Simpang Empat Condro Kasianto  menyambut baik atas dilakukan penilaian LSS ini. 

Menurutnya, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kesehatan di lingkungan sekolah. 

"Melalui program UKS yang ada di sekolah mampu memberi dorongan kepada sekolah  dan anak didik dalam menanamkan sikap dan prilaku hidup sehat. Dengan harapan  dapat menularkannya pada kehidupan keseharian di luar sekolah,"katanya saat memberi sambutan dihadapan tim penilai. (win)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved