Home » » Paripurna Nota Keuangan RAPBD 2018

Paripurna Nota Keuangan RAPBD 2018

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 08 November 2017 | 09.03

Batulicin- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Paripurna penyampaian nota keuangan rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2018, diruang rapat Kantor DPRD Tanah Bumbu,Jumat (3/11) siang.

Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Tanah Bumbu, H. Sufiansyah ZA tersebut dihadiri Asisten Bidang Administrasi beserta jajaran Pejabat lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah, unsur Forkopimda dan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam pengantarnya yang dibacakan Asisten Bidang Bidang Administrasi H. Mustaing mengatakan, rapat paripurna kali ini merupakan agenda penting dan sangat strategis bagi kesinambungan proses pembangunan daerah yang akan direncanakan ditahun 2018 mendatang.

Dikatakanya, dalam menyususn Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2018 ini, kita dihadapkan pada tantangan yang besar, akibat krisis prekonomian nasional, yang juga berdampak pada prekonomian daerah.

Namun menurutnya, kita tetap konsisten dalam menentukan langkah- langkah dan kebijakan daerah, agar mengarah kepada kepentingan bersama untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, dalam penyusunan RAPBD 2018 ini kiranya kita dapat mengatisipasi anggaran secara tepat dan terukur, dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk dikelula dengan sebaik-bainya.

Pada kesempatan itu pula, disampaikan secara garis besar Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2018.

Untuk pedapatan daerah, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menargetkan pendapatan daerah tahun 2018 sebesar Rp 1,254.883.135.789. dengan rincian, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 179,6 milyar lebih, dan dana perimbangan sebesar Rp. 829,9 milyar lebih, serta pendapatan daerah yang sah sebesar Rp.245,8 milyar lebih.

Sedangkan rencana anggaran belanja daerah tahun 2018 diestimasikan sebesar sebesar Rp 1,3 Triliun lebih, terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp. 685 milyar lebih, belanja langsung sebesar Rp.656,2 milyar lebih, dengan defisit sebesar Rp.86 milyar lebih.

Selanjutnya, Nota Keuangan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi kepada Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, untuk selanjutnya ditindaklanjuti pada rapat-rapat selanjunya dengan jadwal yang sudah ditentukan. YNR

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved