Home » » Ketua DKND Tqnbu Kunjungi RAKERNAS DEKRANAS 2018

Ketua DKND Tqnbu Kunjungi RAKERNAS DEKRANAS 2018

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 04 Oktober 2018 | 11.03

JAKARTA – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Dekranasda Kab Tanbu) Hj Sadariah menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas Tahun 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Rakernas yang dibuka langsung Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Yusuf Kalla dan diikuti Ketua Dekranas seluruh Indonesia tersebut mengangkat tema "Terus Berinovasi Menuju Kriya Nusantara yang Lebih Berkualitas".

Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Yusuf Kalla dalam sambutanya mengatakan produk kerajinan Indonesia sudah dapat bersaing di pasar mancanegara, namun persaingan di pasar global akan semakin berat.

Ia menambahkan, di pasar global produk kerajinan Indonesia akan bersaing dengan produk sejenis dari negara ASEAN seperti Thailand dan Vietnam yang produk kerajinannya sudah sangat maju.

Upaya untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan Indonesia masih perlu terus menerus dilakukan, oleh karena seluruh pengurus Dekranas dan Dekranasda untuk terus memajukan produk kerajinan Indonesia dengan meningkatkan kemampuan sumber daya yang ada dalam menghasilkan produk kerajinan yang berdaya saing.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah selalu melakukan inovasi dan diversifikasi produk karena trend desain produk kerajinan sangat cepat berubah.

Namun demikian, sebutnya, identitas tradisionil patut dipertahankan, tetapi hal ini jangan sampai menjadi pengekang untuk berkreasi.

Disamping itu, kreatifitas, inovasi dan teknologi perlu ditingkatkan agar lebih kekinian, sehingga produk kerajinan menjadi produk yang sangat diminati dan memiliki daya saing tinggi di pasar global.

Mengakhiri sambutanya pada Rapat Kerja Nasional Dekranas tahun 2018, Hj Mufidah Jusuf Kalla berharap Rakernas ini bermanfaat bagi pengembangan industri kerajinan sehingga dapat mendukung kemandirian ekonomi Indonesia dan pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan para perajin negeri ini.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Tanbu Hj Sadariah mengatakan, dalam Rakernas ada beberapa catatan penting bagi Dekranasda Tanah Bumbu diantaranya peningkatan daya saing, pembinaan perajin, dan regenerasi perajin.

Terkait pembinaan perajin, Hj Sadariah mengatakan belum lama tadi Dekranasda Tanbu bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian memberikan pembinaan kepada perajin rotan di Tanbu.

Menurutnya kerajinan rotan di Kabupaten Tanah Bumbu tidak kalah dengan kerajinan rotan dengan dari daerah lain di Indonesia.

Bahkan jika dikelola dengan baik dan diberikan sentuhan inovasi maka tidak menutup kemungkinan kerajinan rotan ini dapat bersaing dipasar global. (rel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved