Home » » Selain Tenun, Kerajinan Rotanpun Di Pamerkan

Selain Tenun, Kerajinan Rotanpun Di Pamerkan

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 04 Oktober 2018 | 11.00

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) turut memeriahkan pameran kerajinan KriyaNusa 2018 yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke 39.

KriyaNusa 2018 mengangkat tema Tingkatkan Sinergitas dan Kreativitas Wirausaha Milenia, ini berlangsung dari 26-30 September 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Ketua Dekranasda Tanbu, Hj Sadariah mengatakan pada pameran kerajinan KriyaNusa 2018 ini Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dekranasda memperkenalkan produk unggulan daerah seperti Kain Tenun Khas Pagatan dan Kerajinan Rotan.

Menurutnya, pameran kerajinan KriyaNusa sebagai wadah untuk mempromosikan produk unggulan daerah agar semakin dikenal secara luas.

Keikutsertaan Pemkab Tanbu pada pameran ini sebagai upaya untuk memajukan kerajinan khas Tanah Bumbu sehingga diharapkan berdampak pula bagi para pengrajin dan pelaku UKM di Tanah Bumbu.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Hj Mufidah Jusuf Kalla, mengatakan ekonomi kreatif pertumbuhannya sangat cepat, berkembang hampir diseluruh pelosok tanah air dan sangat bervariasi dari skala mikro, kecil sampai skala menengah.

Industri ini peranannya cukup strategis dalam perekonomian nasional karena secara historis sangat lekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia.

Oleh sebab itu produk kerajinan bisa menjadi andalan mata pencaharian terutama dengan pemanfaatan sumber daya setempat dan pengembangan kearifan lokal.

"Tanggung jawab kita bersama untuk terus menjaga, menggali dan mengembangkan sekaligus memperkaya kreativitas produk kerajinan Indonesia ini, sebutnya.

Ia menambahkan, kreatifitas, inovasi dan teknologi perlu ditingkatkan untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan Indonesia, agar kekinian namun tidak menghilangkan unsur budayanya, sehingga produk kerajinan menjadi produk yang sangat diminati dan memiliki daya saing tinggi di pasar global.

Hadir pada pameran kerajinan KriyaNusa 2018, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, para duta besar dan perwakilan negara sahabat, anggota OASE, Dharma Pertiwi dan Bhayangkari, President WCC-APR, Pengurus Dekranas dan pengurus Asosiasi Industri Kerajinan, serta peserta pameran kerajinan Kriya Nusa 2018.

IMG-20180930-WA0002

Sementara itu, dari Pemkab Tanbu dihadiri oleh Plt Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor, Sekda Rooswandi Salem, serta Ketua dan pengurus Dekranasda.

Pameran kerajinan KriyaNusa 2018 yang difasilitasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian ini dimeriahkan 313 stand kriya dan 21 stand kuliner. Stand-stand tersebut terdiri dari 172 stand Dekranasda, 37 stand Kementrian dan BUMN, 76 perajin individu, dan stand ikonik serta desainer. (rel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved