Home » » Sosilasasi Pencegahan Konflik Lebih Dini

Sosilasasi Pencegahan Konflik Lebih Dini

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 04 Oktober 2018 | 10.24


Diposting oleh: admin03/10/2018Balasan
7R0A1562~2BATULICIN - Kejaksaan Agung RI bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri dan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan kegiatan peningkatan harmonisasi penegakan hukum guna memudahkan sosial dalam rangka keutuhan NKRI, Rabu (03/09) di Batulicin.

Selain dihadiri Forkominda, Pejabat Pemkab Tanbu, Camat, dan Kepala Desa, kegiatan ini juga termasuk tokoh masyarakat dan pelajar.

IMG-20181003-WA0013

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Kejati Kalsel Ade Edi Adhyaksa, Plt Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor, dan Sekda Tanbu H Rooswandi Salem.

Royani, SH, narasumber kegiatan dari Direktorat A Kejaksaan Agung RI....,.,.,.,.,.,.,.,.,.

Konflik sosial bersumber dari masalah yang berhubungan dengan politik, ekonomi, sosial, budaya, antar beragama, suku, dan etnis. Selain itu juga bisa bersumber dari sangketa wilayah ujung, sangketa SDA, dan lainnya.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya konflik sosial adalah dengan penegakan hukum yang dapat menciptakan hukum, kepastian hukum, dan kemanfaatan.

Selain itu diperlukan pula sinergi aparat penegak dan masyarakat dalam membangun sistem informasi dini, dan mengeliminir berbagai potensi konflik melalui tindakan perselisihan dimasyarakat melalui konsiliasi, perundingan, atau mediasi.

Dalam hal halte sosial juga perlu peran masyarakat, tenaga pendidik, dan pelajar. Sebab, keterbukaan keterbukaan informasi ini, diharapkan masyarakat yang mampu menjaring dan mencegah menyebarnya paham, ideologi, atau gerakan radikalisme yang bertentangan dengan Pancasila yang dapat menyebabkan keutuhan NKRI, baik yang berasal dari dalam maupun integrasi asing.

Sementara itu, Agustian Sunaryo, Kasubid Ideologi Kejagung RI mengatakan untuk menciptakan ketertiban dan konflik sosial pada pemerintah. Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2012 dan Permendagri No 42 Tahun 2015 yang ada didalamnya adalah Tim Satgas Terpadu Penanganan Konflik Sosial. (rel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved