Home » » Disdag Bina Pengrajin Tenun

Disdag Bina Pengrajin Tenun

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 22 Februari 2019 | 08.45

fokusbatulicin.com- Sejumlah Pengrajin Tenun Pagatan, kembali mendapat pembinaan dan arahan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (20/02) di Desa Manurung, Kecamatan Kusan Hilir.

Pembinaan dalam rangka perluasan pangsa pasar produk kain tenun khas Tanah Bumbu.

Kepala Disdagri Tanbu, Deny Harianto, melalui Kabid Perindustrian, Fityanto, mengatakan pembinaan kepada para pelaku industri kecil menengah (IKM) merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah agar IKM dapat maju dan berkembang.

"Pembinaan kali ini dengan sasaran adalah pengrajin kain tenun," sebutnya.

Pembinaan kepada pengrajin tenun, menurut Fityanto perlu dilakukan karena dalam beberapa bulan kedepan Tanah Bumbu menghadapi event besar seperti Hari Jadi dan Pesta Adat Mappanretasi.

Nah, dimoment tersebut para pengrajin dan sentra kain tenun Pagatan kebanjiran rezeki dengan banyaknya pengunjung dari luar daerah yang berminat membeli kain khas Tanah Bumbu.

IMG-20190221-WA0009

Pada saat pembinaan, Fityanto juga meminta para pengrajin agar tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas kain tenun sehingga tidak menimbulkan komplain dari pembeli.

Selain itu, kepada pemilik rumah tenun dan pengrajin agar memiliki kain tenun dengan ciri khas atau motif tersendiri.

"Saat ini sudah terdapat lima sentra kain tenun khas Tanah Bumbu. Untuk itu kreatifitas dan kualitas perlu ditingkatkan," sebutnya.

Terkait pemasaran, kata Fityanto, bisa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang produk tersebut dipasarkan secara online.

Selain itu, promosi yang paling efektif adalah kita sendiri yang memakai kain tenun diberbagai kegiatan sehingga menarik minat orang untuk memiliki kain tenun khas Tanah Bumbu.(Tfb)// foto : ist


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved